Daerah  

Indonesia Dukung Pengembangan Kapasitas Pegawai Kehutanan Fiji dan Timor Leste

SIDAKPOST.ID – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa 26 November 2019. Sebagai salah satu Negara anggota G20, sudah saatnya Indonesia membantu negara lain sebagaimana tercermin dengan pendirian Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional atau Indonesian Aid pada Oktober 2019.

KLHK saat ini sedang menjalankan program pengembangan kapasitas kepada Pegawai Kehutanan Republik Fiji dan Republik Demokratik Timor Leste melalui Program magang di Yogyakarta dan Solo.

Internship Programme on Forest Biotechnology and Landslide Mitigation dilaksanakan selama 8 hari dimulai 25 November 2019 s.d. 1 Desember 2019. Program ini diikuti oleh 3 peserta dari Fiji dan 3 peserta dari Timor Leste.

Baca Juga :  Guru Besar UIN Alauddin Makassar: Saya Harap LKA MPM Bina Mahasiswa Membaca Al-Qur'an

Kegiatan diselenggarakan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemulian Tanaman Hutan (P2BPTH) di Yogyakarta dan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengendalian DAS di Solo. Program magang ini dilakukan di kelas, laboratorium, dan lapangan.

Pada tanggal 25 November 2019 Kepala Balai Besar P2BHPT yang diwakili oleh Arief Nirsatmanto, didampingi Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri KLHK, Teguh Rahardja, membuka program ini.

Baca Juga :  KLHK Komitmen Selesaikan Masalah Tanah Dalam Kawasan Hutan

Pada sesi pembukaan, wakil Fiji dan Timor Leste menyampaikan informasi kehutanan di negara-nya masing-masing, keduanya berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan Indonesia secara bilateral.

Fiji ingin dukungan Indonesia dalam pengembangan kapasitas di bidang penelitian dan pengembangan, teknologi benih, kultur jaringan, pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan kerjasama internasional.