Bupati Tanjab Barat Lantik Komisioner Panwascam Untuk Pemilu 2024 

Bupati Tanjab Barat Lantik Komisioner Panwascam Untuk Pemilu 2024. Kamis (27/10). Foto : sidakpost.id/Satria. Biro Tanjab

SIDAKPOST.ID – Bupati Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) Anwar Sadat lantik dan pembekalan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Tanjabbar pada pemilihan umum serentak 2024, di Hotel Rivoli Kuala Tungkal, Kamis (27/10/2022).

Anwar Sadat menyampaikan bahwa seleksi dan pelantikan para anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) merupakan salah satu yang harus dilalui dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024. Menurutnya, seorang pengawas harus benar-benar menegakkan keadilan, terhadap penyelenggara dan peserta pemilu.

Anwar Sadat menambahkan bahwa tugas Panwascam sangat strategis menciptakan pemilihan umum yang bersih dan adil, dan bagian dari pada penyelenggara pemilu yang tugasnya dalam bidang pengawasan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu hal tersebut tertuang di dalam undang undang nomor 7 tahun 2017.

“Saya mewakili masyarakat Tanjabbar berharap kepada anggota Panwascam yang bertugas nanti untuk melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya baik dalam pengawasan, penindakan terhadap pelanggaran pemilu.

Hendaknya utamakan pencegahan yang bersifat memberikan pembinaan dan pemahaman, pengawasan terhadap kehidupan dalam demokratis sesuai amanat UU Dasar1945.

” Sehingga pemilu dapat berjalan dengan baik dan pada hasil akhirnya dapat menghasilkan pemimpin sesuai apa yang diinginkan oleh masyarakat,” katanya.

“terakhir, saya berharap selalu berusahalah dalam tindakan untuk menjaga persatuan, kesatuan, keharmonisan dan kedamaian bangsa indonesia,” harapnya.

Kemudian, Ketua Bawaslu Tanjabbar, Hadi Siswa mengatakan ucapan selamat bertugas kepada Anggota Panwascam terpilih. Menurutnya, Petugas Panwascam merupakan yang terbaik berdasarkan proses seleksi.

“Inilah orang yang telah melewati proses seleksi, mereka yang terbaik yang terpilih setelah melalui proses dan tahapan seleksi yang cukup panjang dan penilaian dari berbagai aspek,” katanya.

“Saya berharap kepada anggota Panwascam melaksanakan tugas sebaik-baiknya, Profesional, jaga kekompakan dan integritas, sehingga pemilu berjalan sesuai Undang-Undang,” tutupnya.

Turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Unsur Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu serta tamu undangan lainnya. (str)