Gladi ANBK SD Negeri 115 Merangin, Pengawas Sebut Sekolah Rujukan Untuk Tingkat Dasar

Dibaca: 103 kali

SIDAKPOST.ID, Merangin – Akhir-akhir ini hampir sebagian besar sekolah-sekolah sedang melakukan persiapan simulasi dan gladi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Apa itu ANBK?, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. Diharapkan, dengan sistem ini, masing-masing sekolah bisa meningkatkan mutu sekolah.

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD,SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Untuk diketahui, program ANBK ini tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, melainkan akan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Pengawas Sekolah Dasar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, M Tulis S.Pd saat melakukan pemantauan gladi ANBK di SD Negeri 115 Merangin.

“ANBK ini tidak menilai anak secara individu, melainkan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil,” ujar M Tulis.

Sementara terkait kesiapan sekolah, Pengawas menyebutkan untuk Kabupaten Merangin saat ini jenjang pendidikan dasar baru SD 115 yang siap dengan sistem online dan menjadi rujukan untuk sekolah dasar dalam Kabupaten Merangin.

Andri S.Pd Kepala SD Negeri 115 Merangin, menyambut baik hadirnya pengawas sekolah saat pelaksanaan gladi ANBK berlangsung.

“Kita tentu sangat berterimakasih sekali dengan hadirnya pengawas ke sekolah, kita jadi tahu apakah ada yang salah atau keliru,” sebut Andri.

Terkait menjadi rujukan dan satu-satunya sekolah dasar yang siap dengan sistem online, Andri tidak menjadikan itu sesuatu yang disombongkan.

“Kalau bangga tentu ia, karena kebetulan sekolah kita sudah punya jaringan internet yang cukup besar, setelah kita pelajari dan ternyata kita bisa laksanakan secara online akhirnya kita putuskan untuk itu,” tutupnya. (don)

ADVERTISEMENT