Sertu Dasiman Ajak Petani Gunakan Pupuk Kandang Penyubur Sayuran

Babinsa Sertu Dasiman, edukasi Selamet petani di Teluk Pandak, untuk memanfaatkan pupuk kandang penyubur tanaman. Foto : sidakpost.id/Amir Said

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Dasiman Koramil 416-05/Muara Tebo Kodim 0416/Bute mengajak petani wilayah binaan, memanfaatkan pupuk kandang dari kotoran Sapi maupun kerbau untuk memupuk tanaman sayuran di pekarangan rumah maupun lahan kosong.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Babinsa Sertu Dasiman saat komsos menyambangi petani Selamet wilayah binaannya, di Desa Teluk Pandak, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Selasa (27/09/2022).

Baca Juga :  Babinsa Syaipul Dampingi Petugas, Vaksinasi Sapi Cegah Virus PMK

Pada kesempatan komsos ini, Sertu Dasiman juga menyampaikan tentang pentingnya merawat atau memelihara tanaman agar tumbuh dengan baik serta melalui pemupukan yang teratur.

Dengan menggunakan pupuk kandang maka hasil tanaman Sayuran akan lebih sehat jika dibanding menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia.

Baca Juga :  Danramil 07/Rimbo Bujang Didampingi Babinsa dan Bides Sambangi Anak Beresiko Stunting

Kotoran Sapi atau Kerbau setelah terlebih dahulu dikumpulkan dan selanjutnya dibakar, kotoran Sapi atau Kerbau yang telah dibakar (menjadi abu-red) maka sudah menjadi pupuk non organik dan siap digunakan untuk penyubur tanaman.

“Selain perawatan, penyemprotan hama, tanah juga harus di beri pupuk kandang untuk kesuburan tanah dalam menanam seperti cabai, bayam, kangkung, terong, vare, gambas, kacang panjang dan tanaman sayuran lainnya, “ajak Sertu Dasiman.