Kementerian ESDM Bantu Sumur Bor Untuk Kabupaten Tebo

Dibaca: 95 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bupati Tebo H.Sukandar menandatangani berita acara serah terima (BAST) dan naskah hibah pada acara serah terima pemindahtanganan barang milik negara Badan Geologi dan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Bali, Kamis (26/09/2019) kemarin.

Tahun ini Kabupaten Tebo mendapatkan hibah 2 Unit Sumur Bor lengkap yang akan difungsikan di Desa Sungai Jernih Kecamatan Muara Tabir dan Desa Suka Maju Kecamatan Rimbo Ulu, nantinya pemanfaatan sumur bor ini akan dikolaborasikan dengan sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Sebelumnya, kabupaten Tebo juga telah menerima bantuan dari Badan Geologi pada tahun 2017 dan 2018. Masing-masing satu Unit sumur bor lengkap, yang difungsikan di Desa Aburan Kecamatan Tebo Tengah serta lembaga pendidikan pondok pesantren di Blok E Kecamatan Rimbo Ilir.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM F. X Sutijastoto mengatakan , untuk mewujudkan energi terbarukan maka Kementerian ESDM dan Badan Geologi memberikan hibah Sumur Bor kepada Pemerintah Daerah yang telah diusulkan.

“Ini sebagai upaya meningkatkan infrastruktur bidang penyediaan air bersih sehingga kedepan tidak ada lagi daerah yang kekurangan air bersih, mengingat air merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Namun di sisi lain 70 persen masyarakat Indonesia , masih kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih. “ungkapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara I r. Wawan Irawan
menyebutkan bahwa tujuan dari acara ini yaitu untuk mempercepat proses penyerahan aset sehingga lebih efektif dan efisien, sekaligus juga sebagai media silahturahmi antara pejabat daerah dan pejabat dari Kementerian ESDM.

“Acara ini selain sebagai mediasi sikaturrshmi pejabat daerah dengan pihsk Kementerian SDM , juga untuk rnensukseskan penyershan aset,” kata Ir.Wawan.

Pada momen acars ini Bupati Tebo H. Sukandar didaulat sebagai perwakilan 100 Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk menyampaikan testimoni serta sambutan, mengawali sambutannya H.Sukandar memohon doanya kepada hadirin agar bencana kabut asap akibat karhutla di Provinsi Jambi cepat teratasi.

“Terima kasih kita mengapresiasi Kementerian ESDM dan Badan Geologi atas hibah yang diberikan kepada Pemkab Tebo. dengan adanya sumur bor masyarakat Kabupaten Tebo yang tinggal di daerah aliran sungai serta kegiatan mandi, cuci, kakus (MCK) masih di sungai akan sangat terbantu dalam penggunaan air bersih kedepannya,” tandas Bupati Tebo.

Acara dibuka oleh Dirjen EBTKE Kementerian ESDM ini turut dihadiri Sekretaris Badan Geologi, Inspektur Jenderal, Sesditjen EBTKE, bupati/ walikota dari 100 Kab/Kota se-Indonesia serta Kepala OPD terkait yang mewakili daerah masing-masing, Kaban Beppelitbangda Kabupaten Tebo, kaban Bakeuda Tebo, Kadis PUPR Tebo dan Direktur Perumda air minum Tirta Muaro Tebo.

Bantuan sarana sumur air bersih yang pada tahun ini menargetkan sebanyak 650 titik sumur bor tersebar di 28 Provinsi di seluruh Indonesia. (asa)

ADVERTISEMENT