Peran Menwa Dalam Ketahanan Bangsa dan Negara

Dibaca: 357 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) Sultan Taha Jambi, terus memberi pemahaman terkait apa itu menwa dan tugas serta fungsinya.

Hal itu disampaikan oleh Danmen Sultan Taha Jambi, Mayaor Inf Drs Mushammid kepada, Mahasiswa baru STIT Kabupaten Tebo Tentang Peran Resimen Mahasiswa dalam ketahanan bangsa dan negara.

Peran aktif:

Secara langsung Menwa sebagai organisasi kepemudaan memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam menunjang pertahanan dan ketahanan bangsa Indonesia.

Disadari ataupun tidak, Menwa sebagai sebuah organisasi kepemudaan memiliki fungsi dan peran yang lebih penting secara strategis untuk ketahanan bangsa Indonesia saat ini dan di masa selanjutnya.

Menwa sebagai organisasi adalah sebuah platform yang baik untuk membentuk perangkat lunak calon-calon pemimpin bangsa kita kedepanya

Fungsi strategis Menwa disini adalah membantu membentuk perangkat lunak dari calon-calon pemimpin masa depan kita.

Resimen Mahasiswa yang merupakan suatu organisasi yang semi militer membantu membentuk karakter para mahasiswa-mahasiswa kita yang notabennya calon–calon pemimpin masa depan kita.

Di sana mereka diajarkan untuk menjadi pribadi-pribadi yang disiplin, berjiwa ksatria, pantang menyerah yang perduli pada bangsa dan negaranya.

Setiap anggota Menwa akan mendapatkan pelatihan semi militer yang dapat memperkuat karakter mereka.

Karakter yang kuat yang melatih mereka untuk tahan atas kesulitan yang dialami melalui latihan–latihan seperti itu akan membuat mereka menjadi pemuda-pemuda yang tidak gampang menyerah dan cengeng.

Mahasiswa-mahasiswa yang notabenenya memiliki kelebihan secara intelektual akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi karena merekapun akan memiliki karakter pejuang yang tidak gampang menyerah karena mereka mendapat pelatihan-pelatihan tersebut di dalam Resimen Mahasiswa.

Pemuda–pemuda yang tangguh pintar dan berkarakter sangatlah kita butuhkan karena mereka yang akan menjadi pemimpin-pemimpin kita di masa depan.

Resimen Mahasiswa sebagai penyaluran kegiatan yang positif akan juga menghindarkan pemuda-mahasiwa dari tindakan-tindakan yang negatif seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran dan demonstrasi bayaran di jalan-jalan.

Menwa juga merupakan pengalihan yang baik agar mahasiswa-mahasiswa menghabiskan waktu senggang mereka secara positif.

Di dalam Menwa wawasan kebangsaan dan cinta tanah airpun sangat kental diajarkan kepada anggota-anggotanya, serta menwa membantu melatih pemuda-pemuda kita yang terbaik secara intelektual untuk memiliki karakter dan pola tindak yang nasionalis.

RESIMEN MAHASISWA adalah :

1. Sebagai wadah, yang merupakan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara dan penguatan ketahanan nasional.

2. Sebagai perorangan, yang merupakan mahasiswa terlatih olah keprajuritan yang telah mengikuti latihan dasar Resimen Mahasiswa Indonesia dan menjadi bagian dari komponen pertahanan negara.

3.Sebagai organisasi, yang merupakan pusat aktifitas anggota Resimen Mahasiswa Indonesia yang terdiri dari tingkat Nasional, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota serta di Perguruan tinggi.

✅ TUGAS POKOK & FUNGSI MENWA.

TUGAS POKOK RESIMEN MAHASISWA
meliputi :

1.Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta membantu terlaksananya kegiatan dan program lainnya di Perguruan Tinggi.

2. Merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa untuk memantapkan ketahanan nasional, dengan melaksanakan usaha dan atau kegiatan bela negara.

3.Membantu terwujudnya penyelenggaraan fungsi perlindungan masyarakat (LINMAS), khususnya Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (PBP).

4.Membantu terlaksananya kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan dalam organisasi kepemudaan.

Resimen Mahasiswa mempunyai fungsi :

1.Melaksanakan pembinaan anggota Resimen Mahasiswa Indonesia di Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang akademik.

2.Melaksanakan pemeliharaan dan pemberdayaan serta peningkatan kemampuan baik perorangan maupun satuan di bidang Bela Negara.

3. Melaksanakan pembinaan disiplin anggota Resimen Mahasiswa Indonesia, baik sebagai mahasiswa maupun warga masyarakat.

4.Melaksanakan pembinaan struktur organisasi Resimen Mahasiswa Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh.

5.Bersama dengan mahasiswa lainnya membantu terwujudnya kehidupan kampus yang kondusif.

6. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program civitas akademika serta menumbuhkan dan meningkatkan sikap Bela Negara dikehidupan Perguruan Tinggi.

7. Membantu memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dibidang kepemudaan dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda.

8. Membantu TNI/POLRI dalam pelaksanaan pembinaan pertahanan dan keamanan Nasional.

9.Menyampaikan hp saran dan pendapat kepada instansi terkait sesuai dengan tugas pokoknya.

IARMI BUNGO JAMBI : ( ZAKARIA )

HUT BUNGO






























































ADVERTISEMENT










Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*