Kadis Bunnakan Tebo,  Sebut 542 Ekor Hewan Kurban Steril

0
Sebanyak 542 Ekor Hewan Kurban Steril di Tebo, Siap Disembelih di Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Foto : sidakpost.id/Amir Said

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sebanyak 542 ekor hewan kurban di Kabupaten Tebo terdiri dari Sapi dan kerbau dinyatakan steril, siap disembelih pada Hari Raya Idul Ahha 1443 Hijriyah 2022 Masehi.

Semua hewan kurban tersebut terdaftar dan sudah diperiksa oleh petugas kesehatan hewan ditingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten dari Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Disbunnakan).

Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan Tebo, Casdari Kadis saat menyebutkan, bahwa untuk stok hewan kurban di Kabupaten Tebo saat ini masih cukup aman.

Sapi dan kerbau untuk hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah yang terkaper dan terdata di Disbunakkan Tebo sebanyak 542 ekor, semuanya sehat sudah diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan hewan Disbunnakan.

Kata dia, terkait adanya penyakit kuku dan mulut (PKM) Sapi diluar Kabupaten Tebo, dihimbau kepada masyarakat lebih baiknya jangan membeli Sapi dari luar.

“Bila ada ditemui indikasi PKM pada ternak Sapi seperti demam tinggi, mulutnya banyak mengeluarkan air liur dan tidak mau makan, segera laporkan ke petugas kesehatan hewan setempat,” terangnya. (asa)