Program Beasiswa Utusan Daerah, Disdik Sarolangun Lakukan Sosialisasi

Dibaca: 138 kali

SAROLANGUN – Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Sarolangun diketahui bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Yaitu melalui program Beasiswa Utusan Daerah. Dan saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat tengah melakukan sosialisasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sarolangun, Helmi mengatakan, bahwa beberapa waktu lalu telah dilakukan sosialisasi secara virtual oleh Direktur BUD IPB, DR. Ibnu Khoim pada Selasa (25/05/21) lalu. Kegiatan tersebut juga dihadiri para calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi beserta orang tua.

“Kemarin sudah dilakukan sosialisasi secara virtual ya, Direktur BUD IPB langsung yang bicara. Seluruh peserta hadir, ada juga orang tuanya,”jelas Helmi.

Ditambahkannya, bahwa pada tahun 2021 ini, Pemkab Sarolangun hanya memberikan kesempatan bagi 4 orang calon mahasiswa yang nantinya akan menerima beasiswa untuk kuliah di IPB. Yang mana kouta tersebut merupakan kemampuan dari Pemkab Sarolangun itu sendiri.

“Sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Jadi, Tahun 2021 ini kita hanya mampu memberikan beasiswa kepada 4 orang saja.” jelasnya.

Hingga saat ini, diketahui sudah sebanyak 24 orang peserta yang mendaftarkan diri dalam program Beasiswa Utusan Daerah ke IPB. Dan pendaftaran tersebut akan ditutup pada tanggal 28 Mei 2021 mendatang.

Terkait dengan prodi atau jurusan yang akan mereka ambil, Pemkab setempat memberikan kebebasan bagi calon mahasiswa untuk memilih sesuai dengan minat bakat, kemampuan dan keinginannya, karena IPB sendiri sudah mempunyai link sehingga mereka bisa mengukur kemampuan dirinya sendiri.

“Kalo penerimaan kita serahkan sepenuhnya kepada pihak IPB. Dan hingga hari ini sudah ada 24 orang yang mendaftar. Tak ada paksaan untuk jurusan yang mereka ambil, yang penting sesuai dengan minat dan kemampuan mereka masing masing.” Tegasnya.

Diakhir kesempatan, Kadisdikbud Sarolangun Helmi berharap dengan program BUD ini dapat memunculkan minat putra putri Sarolangun untuk melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, sehingga kedepan akan muncul generasi muda penerus yang benar benar kompeten dibidangnya. (RH)

ADVERTISEMENT