Laporan Keuangan Pemkab Bungo Raih Opini WTP Plus Dari BPK

Laporan Keuangan Pemkab Bungo Raih Opini WTP Plus Dari BPK/Foto : sidakpost.id (jul)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Pemeriksaaan Keuangan Pemerintahan Kabupaten Bungo Tahun 2021, bertempat di Kantor BPK RI Jambi, Rabu (27/4/2022).

Pada acara itu, sekaligus Pemerintah Kabupaten Bungo Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Plus dari Kepala BPK Perwakilan Jambi Rio Tirta.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bungo, Ketua DPRD, Sekda Bungo, Kepala OPD di antaranya Inspektur Daerah Bungo, Kepala BPKAD, Kepala BP2RD, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Ka.BPBD Kesbangpol, Kadis Kominfosandi.

Dalam Sambutan Ketua Perwakilan BPK RI Jambi Rio Tirta menyampaikan BPK telah bekerja dengan baik dan independen dalam memeriksa laporan Keuangan Kabupaten Bungo Tahun 2021, Berdasarkan hasil Pemeriksaan hampir dua bulan lebih maka dapat diberikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Bungo yakni dengan Predikat WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP)

Dikatakan, BPK RI Perwakilan Jambi juga menambahkan Penghargaan yakni WTP Plus, predikat tersebut diberikan karena Pemerintah Kabupaten Bungo di bawah Kepemimpinan H. Mashuri, SP, ME begitu proaktif dan bersungguh-sungguh dalam menindaklanjuti temuan yang disampaikan kepada Semua OPD.

” Tentunya semua penghargaan dan predikat WTP Plus tersebut diberikan tanpa ada temuan dan catatan, ada juga beberapa catatan yang harus diperbaiki dimasa yang akan datang seperti, Masih adanya penyimpangan belanja barang dan jasa yang belum tepat sasaran,

Kemudian Masih adanya kasi atau bendahara yang mentransfer dana lewat rekening pribadi baru di transfer ke rekening penerima, dan
Masih adanya transaksi tunai bakan yang direkomendasikan atau yang disarankan Non Tunai,” paparnya.

Lebih lanjut Kepala BPK RI Perwakilan Jambi mengucapkan terima kasih Kepada Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda dan Semua Kepala OPD yang selalu aktif dan responsip terhadap pemeriksaaan laporan Keuangan ini, dan mengharapkan Tahun- tahun kedepan lebih ditingkatkan kembali dan dapat dipertahankan predikat WTP ini.

Sementara, Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada BPK RI Perwakilan Jambi atas bimbingan dan arahannya dalam memeriksa Laporan keuangan Kabupaten Bungo Tahun 2021,

“Tentunya tanpa ada bimbingan dan arahan mungkin kami belum bisa menyandang Predikat WTP ini. Tahun lalu kami gagal mempertahankan Predikat WTP ini dikarenakan adanya beberapa faktor penilaian yang tidak dapat kami penuhi dan tidak dapat kami tindaklanjuti dengan baik dan cepat sebagaimana yang disarankan oleh BPK,” ungkap Mashuri.

Sebutnya, tentu pelajaran Tahun lalu menjadi motivasi menuju Tahun ini yang lebih baik, hal tersebut terbukti dengan kembali meraih opini WTP,

Lanjut Mashuri, ini merupakan salah satu berkah bulan suci Ramadhan Tahun ini dan menjadi THR lebaran, dan kami akan tetus berupaya meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dikatakan, Tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bungo meningkat menjadi 5,2 persen dan menjadi peringkat kedua se Provinsi Jambi. Tentunya kedepan pihaknya akan terus berupaya untuk mempertahankan predikat ini,

“Diharapkan para Kepala OPD untuk lebih baik lagi terutama laporan pertanggung jawaban keuangan. Permohonan maaf jika ada hal yang kurang berkenan selama Tim BPK bekerja kurang lebih dua bulan mengevaluasi laporan keuangan Kabupaten Bungo yang kami cintai ini,” tukasnya. (jul)