Meski Banyak Hambatan, FMDKI Bulukumba Sukses Gelar KARIMAH

Dibaca: 220 kali
Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Bulukumba sukses gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH)/Foto : sidakpost.id (winda)

SIDAKPOST.ID, BULUKUMBA– Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Bulukumba sukses gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH), Sabtu (26/3) kemerin.

KARIMAH kali ini mengangkat tema “Ramadhan Kabarkan Surga yang Dirindu (The Best Time to Muhasabah)”. Acara berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba yang dihadiri 90 peserta.

Nurlatifa selaku ketua panitia, saat diwawancarai berkata bahwa ada banyak kendala yang dihadapi oleh panitia salah satunya adalah perangkat yang digunakan bermasalah.

“Perangkat atau media yang kami gunakan itu bermasalah, tidak bisa berfungsi dengan baik, padahal beberapa jam sebelumnya bisa digunakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Latifa sapaan akrabnya, menyampaikan kesyukurannya atas pertolongan Allah atas lancarnya kegiatan KARIMAH.

“Itu yang membuat kami kebingungan padahal kegiatan sudah besok. Namun alhamdulillah ‘ala kulli hal pertolongan Allah itu nyata, dan disitulah betul-betul bahwa mungkin itulah perjuangan dalam mengusung kegiatan karena Allah,” tuturnya.

Hasriani, selaku koordinator acara juga angkat bicara mengenai hal ini. Dia menyampaikan bahwa jika menolong agama Allah apalagi dengan berjuang bersama, maka kesulitan bisa dihadapi.

“Ujian itu pasti ada di setiap kegiatan namun kembali lagi demi menolong agama Allah, sesulit apa pun itu kita pasti bisa menghadapinya apalagi dengan berjuang bersama,” ungkapnya.

Di awal acara, Nurul Annisa, ketua FMDKI Daerah Bulukumba, menyampaikan dalam sambutannya rasa terima kasih kepada panitia.

“Kemudian kami ucapkan juga syukron wa jazaakunnallahu khairan atas seluruh kerja sama para panitia yang mengusung kegiatan ini kurang lebih selama sebulan, semoga yang hadir dan berjuang hari ini akan mendapatkan balasan yang baik dari Allah subhanahu wata’ala,” jelasnya.

Turut hadir membuka kegiatan, Ely Kurniati selaku Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba menyampaikan harapannya.

“Harapan kepada FMDKI ke depannya, mudah-mudahan sebelum ada kegiatan yang serupa libatkan juga dosen-dosennya, karena hampir semua kampus itu dosen-dosennya juga banyak yang suka belajar,” harapnya.

Sebelum memasuki sesi materi, kegiatan ini dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FMDKI Daerah Bulukumba periode 2022-2024.

Pada kesempatan ini, FMDKI menghadirkan dua pemateri yaitu Ustazah Kasmiwati seorang da’iyah sekaligus owner Miy Collection serta Ustazah Nur Maida yang merupakan da’iyah dan aktivis dakwah.

Di materi pertama, Ustazah Kasmiwati mengingatkan peserta tentang datangnya bulan Ramadan untuk melatih diri menjadi hamba yang bertakwa.

“Ini adalah madrasah Ramadan, bagaimana kita bisa melatih diri ini yang tadinya kita malas-malasan menjadi orang yang bertakwa,” jelasnya.

Adapun pemaparan materi kedua, Ustazah Nur Maida, menyampaikan cara menggapai surga dengan Ramadan.

“Bagaimana kita bisa menggapai surga dengan Ramadan? Yaitu dengan memperbanyak amalan-amalan saleh di bulan Ramadan,” terangnya.

Akhir kegiatan ada banyak keseruan yang telah dirangkai oleh panitia, di antaranya persembahan nasyid, puisi, fundraising oleh panitia, sesi pemberian kesan dan pesan oleh peserta, misteri chair dan tentunya pembagian kelompok belajar bersama Gen Hijrah sebagai follow up dari kegiatan. (winda)

ADVERTISEMENT