Dampingi Gubernur Jambi, Wabup Kerinci Tinjau Pembangunan PLTA Batang Merangin Kerinci

Dibaca: 101 kali

SIDAKPOST.ID, KERINCI – Wakil Bupati Kerinci H. Ami Taher mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jambi ke proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Dusun Bedeng Lima, Desa Batang Merangin Kabupaten Kerinci, yang sedang dikerjakan oleh PT Bukaka Teknik Utama, Tbk, Kamis (27/02/2020) sore.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan dan untuk mendorong pemenuhan kebutuhan listrik Provinsi Jambi. Turut hadir Pejabat Sekda Gasdinul Gazam, beberapa orang anggota DPRD Kabupaten Kerinci, OPD dan Camat Batang Merangin.

Pada kesempatan itu, Gubernur dan rombangan mendapat penjelasan dari pihak PT Bukaka Teknik Utama tentang cara kerja bagian air yang akan dialirkan, pengeboran cara menghasilkan tenaga air, sampai tentang pengaliran listrik yang terjadi secara bertahap, dan setelah PLTA ini disurvei pihak PLN, debit air Batang Merangin bisa menghasilkan 350 Mega Watt, PLTA yang berada di Desa Batang Merangin ini memiliki kapasitas sebesar 4 x 87,5 MW (megawatt), energi yang dihasilkan per tahun sebesar 1.280 Giga Watt hour (GWh), pembangkit yang direncanakkan beroperasi secara komersial (COD) pada 2025 ini akan memasok listrik ke sistem hu bagian selatan tengah yang diatur oleh PLN Pusat Pengaturan Beban Sumatera.

Sebelumnya, aktivitas pekerjaan PLTA Batang Merangin ini sempat terhenti, karena ada beberapa rekomendasi dari PLN kepada pengelola PLTA untuk mengubah desain, karena PLTA pada waktu itu hanya mengerjakan daya 150 Mega Watt, namun setelah disurvei pihak PLN bisa menghasilkan 350 Mega Watt. Jadi, untuk kebutuhan listrik di Provinsi Jambi bisa terpenuhi, bahkan Provinsi tetangga bisa dialiri dengan daya 350 Mega Watt.

Fachrori melihat langsung pengerjaan fisik PLTA yang dibangun, banyak alat-alat yang sudah terpasang dan jalan menuju pengeboran sudah dibuat.

Fachrori berpesan kepada pihak PLTA yang sedang mengerjakan pembangunan untuk memaksimalkan tenaga kerja lokal sehingga terbuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. (dnl)

ADVERTISEMENT