PMI Tebo Galang Donasi Kemanusiaan

Dibaca: 135 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Bukan kali ini saja Pakang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan, selain membantu pelayanan donor darah tercatat tahun 2018 ini PMI Tebo pernah memberangkatkan pasien gangguan jiwa dan donasi bencana di Lombok, Palu, Sigi serts Donggala.

Disaat keterbatasan serta masih minimnya perhatian pemerintah terhadap PMI Kabupaten Tebo, namun tidak mengurangi semangat untuk melaksanakan tugas kemanusiaan dan PMI berpedoman pada Tupoksi sesuai UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

“Kami akui, masih minimnya perhatian pemwrintah kepada PMI Kabupaten Tebo, bahkan untuk menyuarakan masalah ini kami pernah melakukan Hearing dengan DPRD Kabupaten Tebo dan Stakeholder terkait .” ungkap Slamet Setya Budi Sekretaris PMI Tebo, Selasa (25/12).

Sambung Slamet, dalam melakukan donasi Tsunami Banten dan Lampung PMI Kabupaten Tebo melibatkan ratusan relawan yang terdiri dari Anggota PMR, KSR, TSR bahkan ada dari kepolisian dan perawat. Dalam penggalangan Donasi Kemanusiaan, PMI Kabupaten Tebo menerapkan prinsip transparansi bantuan dan pengelolaan yang akuntabel.

“Untuk menjaga dari oknum yang tidak bertanggung jawab PMI membekali setiap anggota dengan Surat Tugas, Alur Koordinasi, Penggolongan Bantuan, dan Publikasi Penggalangan. Untuk audit penggalangan, melibatkan unsur Kepolisian dan pihak kompeten lainnya,” beber Slamet.

Untuk diketahui, PMI Kabupaten Tebo menggolongkan beberapa jenis bantuan yang mendesak dan menjadi prioritas utama yang dibutuhkan di lokasi bencana, seperti Uang tunai digunakan untuk pengiriman logistik dan pembelian alat – alat pendukung dilokasi bencana seperti hygine kit dsb.

Untuk sembako diprioritaskan adalah makanan yang tidak mudah busuk seperti mie instan, beras, minyak goreng, garam, roti dan lainnya. Untuk kebutuhan Family Kit terdiri dari perlengkapan mandi (shampoo, sabun, pasta gigi, sikat gigi dll) bahkan dapat juga minyak kayu putih. Salah satu korban bencana yang paling rentan adalah balita, untuk itu memerlukan selimut, tikar, bedak bayi, shampo bayi dan lainnya.

PMI Kabupaten Tebo menerapkan sistem siap jemput donasi di tempat, karena mengingat keterbatasan waktu dan banyaknya partisipasi masyarakat untuk berdonasi maka Donasi Kemanusiaan dibuka mulai tanggal 25 Desember 2018 – 10 Januari 2019. Untuk informasi mengenai Donasi Kemanusiaan dapat menghubungi Nomor Hp/WA 082176448963 A/n Slamet Setya Budi. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT