Babinsa Sutiyono Bersama BPD Tinjau Bekas Dompeng di Lahan Warga

Babinsa Serka Sutiyono Bersama Anggota BPD, Tinjau Bekas Penambangan emas di Desa Tegal Arum. Sabtu (26/11). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Sutiyono Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sanyoto, meninjau eks atau lokasi bekas penambangan emas dompeng, bertempat di jalan 18 Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Sabtu (26/11/2022).

Aktifitas penambangan emas dompeng diwaktu yang lalu dilahan milik warga menyisakan lobang-lobang menganga dan tumpukan tanah bercampur pasir dan kerikil yang menggunung, sehingga menimbulkan panorama seperti lahan yang tandus dan terlantar.

Menyikapi kondisi tersebut, Serka Sutiyono bersama Anggota BPD selain mensurvei lokasi bekas penambangan emas dompeng di wilayah Tegal Arum, juga memberikan sosialisasi kepada warga pemilik eks penambangan untuk dapat dimanfaatkan kembali, agar menjadi lahan produktif yang menghasilkan nilai tambah ekonomi masyarakat.

Babinsa Serka Sutiyono menuturkan, bahwa lokasi eks penambangan emas dompeng dilahan warga yang selama ini terkesan terlantarkan, perlu diambil sikap positif bagi warga pemilik lahan untuk bisa memanfaatkan kembali lahan tersebut.

Dengan menimbun lobang dan meratakan tumpukan sisa dompeng serta menanami dengan tanaman keras seperti pohon buah -buahan maupun tanaman Sawit dan lainnya.

” Kepada warga mari manfaatkan kembali lahan bekas penambangan emas, dengan menanami pohon buah-buahan dan tanaman keras lainya agar lahan yang terlantar selama ini dapat produktif kembali,” imbau Serka Sutiyono. (asa)