Sat Binmas Polres Tebo, Bekali Anggota Linmas Menuju Profesionalisme

Dibaca: 125 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kasat Binmas Polres Tebo, Iptu Agung Putwanto didampingi Bripka Siagian dan Bripka Suwindra Aldi , menggelar pembinaan dan pemyuluhan (Binluh) kepada anggota Linmas di Aula Kantor Desa Dusun Baru Kecanatan VII Koto Kabupaten Tebo, Kamis (26/9/2019).

Binluh dihadiri oleh Pjs Kades Dusun Baru Arisungkono, Ketua BPD Jais, Ps Kanit Binmas Polsek VII Koto BRIPKA. Misyanto dan Bhabinkamtibmas Desa Dusun Baru BRIPKA Sefri A, perangkat desa dan undangan lainnya.

Kasat Binmas Iptu Agung Purwanto dalam paparannya menyampaikan materi tentang SDM dan kemampuan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Linmas yang ada di pedesaan atau kelurahan.

Seperti aktif menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta siap setiap saat membantu tugas sosial kemanusiaan apabila terjadi bencana alam yang ada di wilayahnya.

“Dalam mendukung pelaksanaan tugas, selain petugas Satlinmas juga perlu mengedepankan norma dan HAM. Sehingga diharapkan Satlinmas dapat menjadi pelopor dlm mewujudkan peran potmas dalam upaya harkamtibmas,” jelas Iptu Agung Purwanto.

Hal senada dikatakan, Ps Kanit Binpolmas Bripka Suwindra Aldi bahwa petugas linmas dalam menyikapi cuaca dengan curah hujan yang rendah, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya karhutla, dan itu juga bagian dari tugas linmas.

“Anggota linmas agar dapat berperan aktif dalam upaya preemtif serta preventif berupa penerangan kepada masyarakat maupun patroli lingkungan,” pungkasnya.

Saat itu juga, diserah terimakan sarana kontak berupa masker raspirator double filter ke perwakilan peserta, sebagai motivator pelaksanaan tugas linmas.  (asa)

ADVERTISEMENT