Gubernur Al Haris : Desa Garda Terdepan Pembangunan Bangsa

Tampak Gubernur Jambi Al Haris dan menahan saat menghadiri rakernas APDESI. Foto : sidakpost.id/dok Kominfo Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Al Haris, membuka Rakernas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) tahun 2023 yang dipusatkan di Gedung Balairung Universitas Jambi, Mendalo, Rabu (26/7/2023).

Rakernas yang diikuti ribuan Kepala Desa beserta perangkatnya ini turut dihadiri para tamu kehormatan negara seperti Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Prabowo Subianto, Kementerian Dalam Negeri, tokoh nasional dan para penyelenggara Pemilu serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Al Haris menyampaikan pentingnya peranan desa dalam membangun Indonesia. “Pimpinan desa yang berasal dari seluruh nusantara yang hadir hari ini, merupakan Garda terdepan dalam membangun Indonesia. Para Kepala Desa inilah yang langsung merasakan dan mendengarkan keluhan masyarakatnya di desa. Terima kasih bapak/ibu sekalian, saya sangat mengerti bagaimana keadaan di desa,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Rakernas Apdesi yang dilaksanakan di Provinsi Jambi dan diharapkan para peserta yang hadir dapat melihat dan merasakan kehangatan dan keindahan Provinsi Jambi.

Hari ini, Provinsi Jambi mendapatkan amanah dari Ketua APDESI sebagai tuan rumah Rakernas APDESI tahun 2023, bagi dia amanah itu diambil, Jambi siap sebagai tuan rumah.

“Jika kami kurang pas dan ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan pada forum yang mulia ini para Kades yang kami cintai sekalian bisa bersilaturahim di Jambi, bertemu dan nanti juga ada hasil Rakernas yang merupakan rekomendasi-rekomendasi penting untuk perbaikan-perbaikan di negara yang kita cintai ini,” kata Al Haris.

Al Haris menyatakan bahwa dalam kegiatan ini akan dibangun persepsi bagaimana membangun Indonesia dengan memperkuat desa. Sepanjang Rakernas ini mari bersama membangun persepsi dan temanya adalah Desa Kuat untuk Indonesia yang Menjaga Bangsa.

“Tugas Kepala Desa itu berat, mereka mesti menjamin bagaimana kondusifitas daerahnya masing-masing, dan kita harus berhasil ketika pemerintah memutuskan Pemilu serentak maka pilihan kita adalah Kepala Desa mengamankan agar daerahnya aman, damai dan kondusif, sehingga pemilihan Presiden, legislatif dan semuanya berlangsung dengan baik sampai nanti pemilihan Gubernur dan Walikota serta Bupati,” tutur Gubernur Al Haris. (zek)