Webinar Literasi Digital Kemenkominfo RI di Bungo Makin Diminati

Dibaca: 395 kali

MUARA BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar event webinar literasi digital di Kabupaten Bungo, Senin (26/07/2021).

Webinar Literasi Digital ini makin diminati semua kalangan di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Tidak hanya generasi muda, semua kalangan usia dan profesi tanpak bergabung di webinar ke 5 yang di selenggarakan tim Literasi Digital Kominfo RI di Bungo ini.

Tema webinar kali ini yakni. Literasi Digital di Era Revolusi 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Webinar kali ini kembali di isi oleh 4 pembicara, diantaranya dua pembicara nasional.

Seperti Resista Vikaliana, S.Si., M.M, seorang Akademisi Bidang Manejemen, Penulis Buku dan Penggiat Taman Bacaan KBM. Pembicara kedua yakni Ninuk Wiliani, S.Si., M.Kom, Dosen dan Youth Education Observer.

Dalam penyampaiannya, pemateri pertama Resista Vikaliana, S.Si., M.M menyampaikan. Peralihan Revolusi industri 4.0 ke society 5.0 begitu cepat sekali, dimana pada revolusi industri 4.0 lebih menitik beratkan pada digitalisasi tekhnologi. Sementara pada revolusi 5.0 berpusat pada human atau manusianya, artinya bagaimana manusia dalam penggunaan perkembangan tekhnologi informasi.

“Dengan demikian, maka sangat penting bagaimana kita mendapatkan kemampuan atau kompetensi dalam penggunaan tekhnologi, baik kecakapan digital dalam bidang skil, safety, culture maupun etick,” ungkapnya.

Sementara narasumber ke dua, Ninuk Wiliani, S.Si., M.Kom mengatakan. Penggunaan internet terbesar berada di media sosial, penting bagi pengguna media sosial memiliki kemampuan menjaga akun media sosial ataupun informasi pribadi agar tidak di salah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Beranjak ke pemateri lokal di mana di isi oleh dua akademisi muda, diantaranya. Bela Putra, S.Pt., M.Sc Dosen Universiatas Muara Bungo dan Nova Elsyra, S.Sos., M.A. Dosen STIA Setih Setio Muara Bungo. Kedua pemateri ini mebahas tentang etika digital dan budaya digital.
Pemateri ke tiga, Bela Putra, S.Pt., M.Sc menerima pertanyaan secara langsung dari peserta mengenai amankan jika memberikan informasi KTP di media sosial?

“Hendaknya kita sebagai pengguna media sosial atau internet mesti pandai memilah informasi atau data pribadi yang bisa di share, akan tidak aman jika data pribadi dan apalagi data KTP di bagikan di media sosial,”ungkap Narasumber.

Narasumber ke empat, Nova Elsyra, S.Sos., M.A mendapatkan pertanyaan dari peserta webinar tentang bagaimana semestinya milenial menyikapi penyebaran informasi hoax oleh orang yang lebih tua dan apa yang harus di lakukan bagi kita untuk mengejar ketertinggalan dalam literasi digital.

Dosen STIA ini menjawab bahwa milenial atau generasi muda mesti memiliki kemampuan menyaring informasi, tentunya dengan banyak membaca dan menambah pengetahuan, terutama kecakapan dalam literasi digital agar dapat memilah informasi hoax.

Sementara untuk pendidikan literasi digital, menurut narasumber ini Indonesia bukan tertinggal dalam literasi digital, tapi belum mencapai terget, oleh karena itu penting terus mengkampanyekan kemampuan literasi digital di tengah masyarakat.

Webinar kali ini di moderatori oleh Lisa Maisyurah dengan Key Opinion Leader Chika Audhika yang merupakan Co-Founder & CMO of Bicara Project. Menurut KOL ini, perkembangan yang cepat ini tidak bisa di sikapi dengan tutup mata, perkembangan zaman meski di ikuti dan saat inipun perubahan besar terjadi.

Semisalnya saat ini memanfaatkan media sosial sudah menjadi profesi baru dan bahkan bisa berpenghasilan besar, seperti menjadi youtuber, selebgram dan lain-lain.

Koordinator Literasi Digital Kabupaten Bungo, Akhmad Ramadhan mengatakan. Minat masyarakat Bungo dan sekitarnya dalam mengikuti webinar literasi di gital makin diminati.

Terlihat adanya peningkatan peserta di setiap webinar dan webinar kali ini merupakan webinar ke lima sejak dimulai pada 7 Juni 2021.

Ia mengajak masyarakat semua kalangan untuk terus mengikuti webinar literasi digital, dan bagi yang belum pernah mengikuti bisa mengikuti webinar-webinar selanjutnya, webinar terdekat akan di gelar kembali pada tanggal 29 Juli 2021 pukul 14.00 Wib. (red)

ADVERTISEMENT