Ketua LAM Tebo : Mari Lestarikan Adat Dimana Tembilang Dicacak Disitu Tanaman Tumbuh

Dibaca: 473 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kabupaten Tebo didukung oleh Dinas PMD Tebo menggelar Pelatihan LAM Tebo Tahun 2021, bertempat di Kantor Dinas PMD Tebo, Senin (26/07/2021.

Pelatihan LAM Tebo ini dibuka oleh yang mewakili Bupati Tebo Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo Amsiridin.SP didampingi Kepala Dinas PMD Nafri Junaidi , tampak hadir Pengurus LAM Tebo, Pengurus Lam Kecamatan Tebo Tengah, Tebo Ilir dan Rimbo Bujang dan Undangan lainnya.

Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo Amsiridin dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Tebo, untuk menguatkan peran LAM dalam kehidupan bermasyarakat ditengah modernisasi yang menyentuh berbagai lini.

“Perkembangan zaman terus menerus maju mempengaruhi adat istiadat dan nilai sosial. Sementara upaya meningkatkan pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai nilai sosial budaya masyarakat masih kurang. Untuk itu, penguatan peran LAM perlu untuk dilakukan salah satunya melalui bimtek yang kita buka hari ini, ” Terang Asisten I Amsiridin.

Ketua LAM Jambi Kabupaten Tebo H.Zaharudin dikomfirmasi sidakpost.id menuturkan, pihaknya membenarkan pelatihan LAM Tebo diikuiti oleh Pengurus LAM di 12 Kecamatan dan berlangsung selama 4 hari, setiap harinya diikuti oleh Pengurus LAM 3 Kecamatan.

” Materi Pelatihan meliputi Sejarah Adat Istiadat Kabupaten Tebo, Hukum Adat Tebo, Perda Adat Tebo No 10 Tahun 2021 dan lainnya,” ungkap H.Zaharudin.

Lanjut Ketua LAM Tebo, sebagai masyarakat Tebo harus menghormati dan melestarikannya adat istiadat budaya yang ada di Kabupaten Tebo, walaupun asal usulnya dari luar Kabupaten Tebo.

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dimana tembilang dicacak disitu tanaman tumbuh, selogan ini sungguh indah dan arif bijaksana untuk mengikat persaudaraan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Pada akhirnya kita memgajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tebo, untuk mematuhi protokol kesrhstan, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT