Penyusunan Perencanaan AIDS Turberkulosis Malaria, Ini Harapan Sekda

Sekda Muaro Jambi Buka Acara Kordinasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Untuk AIDS- Turbokolosis Malaria

SIDAKPOS.T,ID. MUARO JAMBI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaro Jambi Budhi hartono membuka acara koordinasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Kabupaten untuk AIDS Turberkulosis Malaria, berlangsung di ruang aula Dinkes, Senin (26/06/2023).

Penyakit menular seperti AIDS Tuberkulosis Malaria menjadi beban ganda bagi masyarakat, baik dampak kesehatan maupun dampak sosial ekonomi yang harus ditanggung oleh masyarakat dan Negara, untuk mengatasi masalah tersebut Pemerintahan melakukan terobosan yang dimulai dalam rencana strategis Nasional

Sekda Budhi Hartono menyebutkan, pemerintahan daerah melakukan percepatan pencegahan, pengendalian dan penanggulangan haid, hibah polisi dan malaria dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat Kabupaten baik milik pemerintah maupun swasta.

Upaya kesehatan masyarakat menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan namun tidak secara otomatis memiliki kewenangan terhadap manajemen sumber daya dalam penanggulangan AIDS Tuberkulosis dan Malaria

“Sejalan dengan hal tersebut diperlukan kemitraan dan kesepakatan di Daerah, keterlibatan dan peran serta lembaga perbankan CSR perusahaan dan pihak swasta dalam pencegahan dan pengendalian AIDS Tuberkulosis dan Malaria,” ungkap Budhi.

Dikatakannya, melalui pertemuan ini dipastikan pada saat menyusun perencanaan dan penganggaran Gahun 2004 telah mempedomani Dasar -Dasar Hukum pada perencanaan 5 tahun.

Kegiatan prioritas berdasarkan kebijakan nasional Kemenkes dan Kemendagri dalam perencanaan agar kegiatan dan sub kegiatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian.

Sebagai bentuk nyata berkomitmen Pemkab Muaro Jambi melaksanakan pertemuan koordinasi penyusunan dokumen perencanaan.

“Saya berharap kepada semua yang hadir dapat mengikuti pertemuan ini dengan seksama dan penuh tanggung jawab, memberikan masukan sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai dengan baik,” tukas Budhi,” katanya. (wir)