Babinsa Koramil 05/Muara Tebo, Bantu Perbaiki Pagar Sawah Warga

Dibaca: 45 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO –  Sungguh sangat mulia tugas seorang Babinsa. Pasalnya, tidak hanya membantu proses tanam hingga panen saja, TNI AD juga berperan dalam mengantisipasi agar tanaman padi terhindar dari gangguan hewan ternak maupun hewan liar.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 416-05/Muara Tebo, Koptu Gusti Hartanto. Dia mendampingi petani membuat pagar batas sawah di desa binaan yakni Desa Teluk Langkap, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Rabu (26/6).

Tidak itu saja, Koptu Gusti Hartanto juga mendampingi petani memperbaiki gubuk di sawah. Dimana nantinya gubuk tersebut digunakan untuk menjaga tanaman padi petani.

Koptu Gusti Hartanto saat dikonfirmasi membenarkan jika dirinya bersama petani mebuat pagar pembatas di pinggir sawah dan memperbaiki gubuk.

Hal itu, dilakukan agar tidak terjadi gangguan dari hewan ternak saat padi sudah ditanam nanti. Karena disekitar area banyak hewan ternak yang berkeliaran bebas.

“Bila sekeliling sawah sudah dipagar maka, padi yang sudah ditanam akan lebih aman dan tidak diganggu oleh hewan ternak, seperti kerbau dan sapi, maupun gangguan dari hewan liar seperti babi,”ujarnya.

Untuk pagar yang digunakan selain dengan kawat berduri juga ditambah kayu atau papan agar lebih kuat dan lebih rapat, “Kepedulian kita tidak lain, untuk mendukung agar swasembada pangan bisa tercapai dengan baik,” katanya.

Diketahui, di Desa Teluk Langkap  Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo, ads seluas 30 hektar sawah yang digarap oleh petani desa setempat. Petani tersebut tergabung dalam kelompok tani Harapan yang diketuai oleh Roni. (red)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT