BPJamsostek Lindungi Peserta Motorcross di Kuamang Kuning

BPJamsostek Lindungi Peserta Motorcross di Kuamang kuning. Foto : BPJamsostek cabang Muara Bungo.

SIDAKPOST. ID, BUNGO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Muara Bungo melindungi para pembalap kejuaraan Motocross Piala Ketua DPRD Bungo di Sirkuit Dusun Sumber Harapan, SPC Kuamang Kuning, Kecamatan Pelepat Ilir, Rabu (26/4/2023).

Kejuaraan Elite Auto Sport Supertrack Championship 2023 tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 26-27 April 2023, dengan diikuti oleh para pembalap lokal dan nasional dari berbagai daerah di Indonesia.

Pemberian jaminan perlindungan ini ditandai dengan penyerahan kartu kepesertaan secara simbolis oleh Ketua DPRD Kabupaten Bungo Jumari Ari Wardoyo kepada pembalap.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Muara Bungo, Kunto Baskoro mengaku turut senang, BPJamsostek bisa ikut andil dalam mensukseskan pergelaran Elite Auto Sport Supertrack Championship 2023 di Kuamang kuning, Kecamatan Pelepat Ilir. Salah satu nya memberikan perlindungan jaminan sosial bagi para pembalap.

Dikatakan Kunto, perlindungan diberikan merupakan bentuk hadirnya negara dalam melindungi pekerja baik itu yang bekerja di perusahaan (penerima upah) maupun pekerja mandiri (bukan penerima upah).

” Seluruh warga negara Indonesia wajib dilindungi, baik itu petani, pedagang, tukang ojek, sampai atlet olahraga yang berisiko berat seperti pembalap motorcross ini. Perlindungan diberikan dengan tujuan untuk menjamin peserta agar merasa nyaman dan terlindungi pada saat kegiatan balapan, “Ujarnya.

Bentuk perlindungan yang diberikan berupa perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), karena motocross merupakan olahraga yang memiliki potensi risiko berat.

” Memang tidak ada yang menginginkan sebuah insiden kecelakaan itu terjadi, akan tetapi jaminan perlindungan menjadi hal yang penting dalam olahraga balap yang penuh dengan risiko ini, ” Ungkapnya.

Kunto berharap, segala event kegiatan olahraga dapat didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek, sebagai perlindungan atau asuransi jika sewaktu-waktu risiko terjadi.

” Jika sudah menjadi peserta, pekerja telah dilindungi oleh BPJamsostek, segala jenis risiko kecelakaan baik itu cidera hingga pada hal buruk (meninggal dunia) telah menjadi tanggung jawab kami (BPJamsostek),” tutupnya. (Jul)