Wakili Bupati, Sekda Tanjabbar Buka Pembinaan Kafilah

Dibaca: 175 kali
Sekda Buka Pembinaan Tahap Pertama Kafilah Tanjabbar/Foto : sidakpost.id (Satria)

SIDAKPOST.ID, TANJABBAR – Untuk menghadapi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jambi yang akan diselenggarakan di Kota Sungai Penuh mendatangkan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat tengah menyiapkan diri semaksimal mungkin.

Hal ini dibuktikan dengan pembinaan pertama kafilah Tanjung Jabung Barat yang dibuka Sekda, H Agus Sanusi, di Hotel Ar-Riyadh, Kamis (25/03).

Agenda tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjab Barat, Kabag Kesra, ustadz dan ustadzah, para pelatih, para qori dan qori’ah, serta tamu undangan lainnya.

Dalam Laporannya, ketua panitia pelaksana, Hidayat Kusuma, S.Sos.I, menyampaikan tujuan dilaksanakannya pembinaan adalah untuk menggali, membina, dan membekali potensi dari qori dan qori’ah.

Selain itu juga sekaligus upaya untuk lebih memantapkan kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, guna mengikuti MTQ ke-51 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022.

“Kegiatan Pembinaan ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan menjelang perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungai Penuh. Untuk tahap pertama pada tanggal 25 Maret hingga 27 Maret 2022,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, cabang-cabang yang akan dikuatkan yaitu, tilawah golongan tartil anak-anak, remaja, dewasa. Qira’at sab’ah dan cacat netra, barjanzi marhaba, jhatil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tahfiz 1 s/d 30 Juz, Syahril Qur’an, MMQ, Mufassir Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Hafalan Hadist.

Sementara itu, Sekda, H Agus Sanusi, mengatakan kegiatan pembinaan ini bertujuan memberikan pembekalan pembelajaran, sekaligus upaya peningkatan kualitas serta kemampuan qori dan qoriah Kabupaten Tanjab Barat, sehingga nantinya dapat memberikan penampilan yang terbaik pada gelaran MTQ tingkat Provinsi Jambi.

“Melalui momentum pelaksanaan pembinaan qori dan qoriah ini, saya menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik – baiknya.

Dikatakan, supapay proses ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan sistematis.

“Saya berharap kepada para pelatih agar dapat membina qori- qoriah Tanjab Barat dengan tulus dan ikhlas sehingga dapat mencetak generasi yang berprestasi,”tukasnya. (adv/sat)

ADVERTISEMENT