Latgab PMR SMAN 5 & SMAN 11 Tebo Kenalkan Materi Vertical Rescu

Dibaca: 473 kali
Latgab PMR SMAN 5 & SMAN 11 Tebo Kenalkan Materi Vertical Rescu/Foto : sidakpost.id (Amir)

SIDAKPOST.ID, TEBO – Palang Merah Remaja (PMR) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Palang Merah Indonesia (PMI), ekstrakulikuler yang lebih dikenal singkatan PMR merupakan organisasi kemanusiaan ditingkat Sekolah, PMR Mula untuk tingkat SD Sederajat dan PMR Madya untuk tingkat SMP Sederajat serta PMR Wira untuk tingkat SMA Sederajat.

PMR selain menerapkan 7 Prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, mereka juga diharapkan mampu menjalankan Tribakti Palang Merah Remaja.

Pertama meningkatkan keterampilan hidup sehat dan kedua berkarya dan berbakti di masyarakat, Ketiga mempererat persahabatan nasional dan internasional dalam menjalankan Tribakti PMR, seperti PMR Wira SMAN 5 Tebo bekerjasama dengan PMR Wira SMAN 11 Tebo melakukan kegiatan Latihan Gabungan di sela – sela jadwal rutinan latihan PMR.

” Latihan Gabungan (Latgab) untuk menjalin persahabatan dan menambah ilmu pengetahuan serta berbagi tentang ilmu Kepalangmerahan khususnya untu PMR Wir, “ungkap Adroi Pembina PMR SMAN 5 Tebo, Sabtu (26/02/2022).

Pembina PMR SMAN 11 Tebo Isman Hidayat menyebutkan, bahwa pihaknya juga aktif ikut membagikan pengenalan tentang materi yakni Vertical Rescue.

“Di SMAN 11 Tebo memiliki peralatan untuk Vertical Rescue, dan kita kenalkan untuk PMR Wira, agar pertolongan pertama di ketinggian mereka juga memahami, tentunya ini hanyalah dasar pengenalan. Semoga ini akan meningkatkan keaktifan PMR di Tebo, “kata Isman.

Ketua PMI Kabupaten Tebo Syamsu Rizal melalui Sekretaris PMI Slamet Setya Budi mengatakan, bahwa sesuai pertemuan penyusunan Kurikulum PMR
yaitu materi PMR lebih ditekankan kepada Praktek dan hal yang inovatif.

“Pada saat pertemuan dan penyusunan kurikulum PMR sudah kita sepakati bahwa perbanyak praktek penerapan Tribakti PMR, Insya Allah kurikulum baku untuk acuan pembinaan PMR tahunan akan disebarluaskan mulai pekan depan,”tutup Slamet. (asa)

ADVERTISEMENT