Pokdar Kamtibmas di Tebo Solusi Bantu Tugas Polisi Jaga Lingkungan

Dibaca: 163 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sangat penting.

Dengan dibentuknya Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) adalah salah satu solusinya. Perlu diketahui jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk.

“Menjadi alasan untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia, maka dari itu dibentuklah,” terang Aipda Dadan Juanda Bhabinkamtibmas Polsek Rimbo Ilir, Selasa (26/01/2021).

Pembentukan Kopdar Kamtibmas
Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang pedoman pembentukan Pokdar Kamtibmas.

Untuk Pokdar Kamtibmas Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Ketua Suwandi, Waka Sukamto, Sekretaris Pipit,  Bendahara Tri Wijaksono, Anggota Sugiyanto, Suryana dan Angga.

Dalam pembekalan Anggota Kopdar Kamtibmas Giriwinangun, Aipda Dadan Juanda mengatakan, bahwa tugas-tugas Kepolisian tidak akan berhasil tanpa bantuan, partisipasi masyarakat. Terutama dalam rangka mengantisipasi kejahatan yang terjadi di masyarakat yang semakin hari semakin meningkat.

Sesuai kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat dalam berbangsa dan bernegara mengamankan dirinya sendiri serta lingkungannya secara swakarsa. Serta mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk turut serta dalam penyelenggaraan keamanan dengan berpedoman pada sistem keamanan swakarsa (Siskamswakarsa).

“Pokdar Kamtibmas Giri Winangun dibuat Grup WhatsApp atau WA Pokdar Kamtibmas yang sekarang berjumlah tak kurang dari 50 orang. Tujuan dari ini memfasilitasi keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah Kamtibmas serta menindaklanjuti penyelesaiannya melalui kerjasama Polri dan Pokdar Kamtibmas,” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT