PMI Tebo Akan Kirim Dua Personil Ikuti Diklat SAR

Dibaca: 428 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo, terus berbenah menjadi yang lebih baik. Dibawah pimpinan Syamsu Rizal
terus lekukan berbagai gebrakan. Seperti tanggap dalam menghadapi becana.

“PMI adalah organisasi kemanusiaan yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang untuk membantu meringankan beban kepada sesama, tentunya untuk menjalankan program tersebut perlu memiliki SDM yang handal,” kata Ketua PMI Tebo Syamsu Rizal, Minggu (26/1).

Dikatakannya, tahun ini PMI Tebo diundang oleh Basarnas Jambi untuk mengikuti Diklat Pelatihan Potensi SAR (Search and Rescue). Pelatihan Potensi SAR akan dilaksanakan di Kota Jambi dari tanggal 5 – 11 Februari 2020. Untuk seleksi administrasi di Markas PMI Tebo.

“Alhamdulillah ditengah keterbatasan untuk pengembangan SDM. PMI Tebo mendapatkan undangan dari Basarnas untuk mengikuti Diklat Pelatihan Potensi SAR di Kota Jambi dengan Kuota 2 Personil,” kata Syamsu Rizal.

Hal senada disampaikan Sekretaris sekaligus Kepala Markas PMI Kabupaten Tebo Slamet Setya Budi, bahwa Untuk mengikuti Pelatihan Potensi SAR. Tentunya memiliki standarisasi khusus dan memiliki kemampuan dasar.

Bahkan kata Slamet, untuk relawan PMI Tebo , yang akan mengikuti Pelatihan memang dituntut memiliki kemampuan berenang dan daya tahan fisik yang prima, disamping attitude yang bagus.

“Dalam kondisi bencana jika berkaca dari Perbup Nomor 39 Tahun 2017 tentang SOP Bencana di Kabupaten Tebo. PMI Tebo masuk dalam bidang Kesehatan, Pendidikan (Sekolah Siaga Bencana) dan memobilisasi (PMR) Palang Merah Remaja apabila diperintah oleh BPBD, ” tutup Slamet. (asa)

ADVERTISEMENT