Pemkot Depok Berdayakan UMKM Meningkatkan Pendapatan

Dibaca: 324 kali

SIDAKPOST.ID, DEPOK – Penyediaan kios bagi UMKM di toko ritel dan pasar modern, sudah tertera di Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 18 tentang UMKM. Dimana dalam perda tersebut disebutkan bahwa pasar modern harus menyediakan dua persen lahan bagi UMKM.

Para pelaku usaha kecil menengah, sangat antusias untuk mengisi Kios yang baru saja selesai dikerjakan oleh Pemkot Depok melaui Dinas Disperindag.

Bentuk Kios UMKM yang baru, sangat ideal bagi para pedagang kecil, berbeda dengan model yang terkesan terutup dan sempit, membuat para pedagang malas menempatinya, sementara kios yang diadakan pada tahun 2019, para pedagang sangat antusias untuk menempati.

“Saya langsung menempati kios ini, karena modelnya bagus cocok untuk pedagang kecil seperti kami, terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kota Depok, atas pengadaan Kios UMKM ini” ujar Agus, pedagang makanan ringan, dikios UMKM margonda, Kota Depok (25/01/2020).

Sementara itu, Salah satu pelaku UMKM juga yang mendapatkan kios, nisa menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Depok yang telah menyediakan kios gratis untuk para pelaku UMKM. “Kios yang saya tempati untuk berjualan makanan saji. Penghasilannya, lumayan meningkat,” terangnya.

Kios yang dibuat oleh Disperindag Kota Depok, memakai Anggaran APBD Kota Depok, tahun anggaran 2019, model yang baru yang berbeda dengan model kios pengadaan tahun 2018, membuat para pedagang kecil, sangat antusias untuk mengisi dan menempati, untuk berdagang.

Pengadaan Kios UMKM, sangat membantu kelancaran Lalu lintas, karena letak kios tersebut, membuat para pedagang berjualan tidak dipinggir jalan.

Aktifis pemerhati pemerintah, Edy S mengatakan, jika kios-kios sudah ditempati pelaku UMKM harus dirawat dengan baik agar terlihat indah dan nyaman untuk yang menempatinya. “Seluruh kios yang selama ini kondisinya kosong diharapkan segera diisi oleh para pelaku UMKM,” harapnya.

“Program 1.000 Kios UMKM diharapkan dapat memberdayakan UMKM, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Depok,” kata Edy. (abr)

ADVERTISEMENT