Bersama Kadis TPHP Bungo, Dandim Bute Tanam Cabai di Mangun Jayo

Dibaca: 343 kali
Tampak Dandim, Danramil, Camat dan Kadis TPHBun Bungo Tanam Cabai Merah bersama Kelompok Tani Mandiri Dusun Mangun Jayo/Foto : sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Dandim 0416/ Bungo Tebo, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio bersama Kadis TPHP Bungo, Muhammad Hasbi, Komandan Koramil 416-01/Rantau Pandan, Camat Muko-Muko Bathin VII, tanam cabai merah di Dusun Mangun Jayo, Sabtu (25/12/2021).

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arianto Maskare Subagio mengatakan, melalui bimbingan teritorial yang adaptif untuk pembinaan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 kepada kelompok tani mandiri Dusun Mangun Jayo.

“Alhamdulillah bersama Kadis TPHP, M Hasbi dan Camat kita bisa menanam cabai merah di masa pandemi Covid-19. Karena kondisi seperti sekarang petani cabai sangat perlu dilakukan pembinaan agar mereka terus berkembang,”ungkap Letkol Arianto.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan Kodim 0416 Bungo Tebo melalui Koramil 416-01/Rantau Padan lewat Babinsa yang bertugas di wilayah binaan masing-masing. Sedapat mungkin TNI akan selalu membantu para petani.

“Karena masuk di wilayah binaan sudah sepatutnya kita membina masyarakat kita apa saja yang dibutuhkan, agar hasil pertanian bisa memuaskan dalam hal meningkatkan ketahanan pangan,”ujar Letkol Arianto.

Terpisah Kadis TPHP Bungo M Hasbi membenarkan hari ini bersama Dandim, Camat, Danramil dan seluruh kelompok tani Mandiri Mangun Jayo melakukan penanaman cabai merah dengan luas lahan satu hektar.

“Kita berharap tanaman cabai ini benar-benar dirawat agar tumbuh subur saat musim hujan seperti sekarang ini. Untuk perawatan tentu kita juga menurunkan pendampingan dari PPL kita yang setiap saat bisa membantu para kelompok tani, “ujar Hasbi.

Selain di dusun Mangun Jayo kata Hasbi, tanaman cabai juga tersebar di wilayah Pelepat Ilir, Rantau Pandan, Bungo Dani dan kecamatan lain. Secara keseluruhan se Kabupaten Bungo ada 30 hektar cabai yang sudah ditanam pada musim hujan sekarang ini.

“Bila butuh pupuk untuk perawatannya maka bisa koordinasi langsung dengan PPL yang ada di lapangan. Karena kami siap membantu seluruh petani baik yang di Mangun Jayo maupun di Kecamatan lain. Semua itu, bentuk perhatian dinas TPHP kepada semua kelompok tani,” ungkap Hasbi. (zek)

ADVERTISEMENT