Babinsa Ishak, Motivasi Poktan Budidaya Tanaman Semangka

Babinsa Sertu Ishak mengecek lahan yang sedang diolah menggunakan Hand Traktor, oleh anggota Poktan Sumber Makmur, di Desa Rimbo Mulyo. Jum'at (25/11). Foto : sidakpost.id/Amirm biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Ishak Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute memberikan motivasi dukungan semangat kepada anggota Kelompok Tani (Poktan) Sumber Makmur, di Jalan 24 Barambai Desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Jumat (25/11/2022).

Kelompok Tani Sumber Makmur Rimbo Mulyo saat ini tengah mengolah lahan seluas lebih kurang 1 hektar, yang dipersiapkan nantinya lahan ini untuk budidaya tanaman Semangka.

Babinsa Sertu Ishak menyebutkan, dirinya selaku Bintara Pembina Desa siap mensukseskan program ketahanan pangan nasional, termasuk dalam mensosialisasikan pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami tanaman Palawija seperti Ubi,Jagung dan Kedelai.

Untuk Tanaman sayuran warga diajak menanam dipekarangan rumah seperti Cabai, Gambas, Kangkung, Bayam, Sawi, Kacang panjang, Terong, Buncis, Pare dan yang lainnya.

“Kepada anggota Poktan Sumber Makmur Rimbo Mulyo yang sedang mengolah lahan untuk budidaya tanaman Semangka, agar memilih bibit semangka yang berkualitas,” ujarnya.

Selain itu, perawatan tanaman semangka nanti mengikuti petunjuk dari PPl Pertanian yang ada.” Seperti dari mulai penanaman pemupukan maupun penyemprotan sehingga hasil panennya bisa memadai, ” ujar Sertu Ishak.

Ketua Poktan Sumber Makmur Rimbo Mulyo, Apip mengatakan bahwa lahan yang diolah oleh anggota Poktan sekitar 1 hektar untuk ditanami Semangka.

“Dilahan seluas 1 hektar ini nantinya akan kita tanami sekitar 5000 batang atau pohon Semangka, untuk pupuk kita tidak mengandalkan pupuk buatan pabrik saja, tetapi kita utamakan dengan menggunakan pupuk kandang,”kata Apip. (asa)