Panwaslu Tubaba : Kegiatan Jalan Sehat Arinal Djunaidi berbau Kampanye Oleh Artis dan Panitia

Dibaca: 416 kali

SIDAKPOST.ID, TUBABA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulang Bawang Barat, menyayangkan bentuk kegiatan jalan sehat Arinal Djunaidi Bakal Calon Gubernur Lampung (Bacagub).

Pasalnya, kegitanan jalan sehat tersebut, berbau kampanye oleh Tim kegiatan Arinal saat ditinjau dilokasi kegiatan pada hari Sabtu (25/11) di Lapangan Merdeka Kelurahan Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Ketua Panwaslu Tubaba, Midian, S.Sos yang didampingi oleh anggotanya mengungkapkan bahwa kegiatan yang belum memasuki masa kampanye Calon Gubernur Lampung seharusnya tidak boleh dilakukan terlebih dahulu.

“Seharusnya hanya sosialisasi biasa, tetapi faktanya sudah berbau Kampanye oleh Inul Daratista dan panitianya, itu etika Inul. Tetapi memang tidak separah di Lampung Timur oleh artis Dewi Persik, kan yang di Lampung Timur itu telah menjadi perbincangan semua kalangan, seharusnya pendidikan politiklah yang diutamakan,” ujar Midian kepada media sidakpost melalui telepon selulernya.

Sebutnya, yang menjadi sorotan Panwaslu Tubaba adalah, kegiatan tersebut belum memasuki masa kampanye. Akan tetapi telah berbau kampanye, sehingga Panwaslu Tubaba belum dapat bertindak lebih jauh,  namun telah mencatat dan mendokumentasikan jalannya kegiatan.

“Kalau ucapan-ucapan yang bersangkutan tidak terlalu menusuk atau pulgar, tetapi ucapan artis pendukung dan panitianya yang telah mengkampanyekan terlalu dini. Semua materi dan dokumentasinya telah kami kumpulkan sebagai dokumen laporan pengawasan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya memiliki agenda untuk indeks kerawanan Pemilu guna pemetaan prilaku Calon dan tim pemenangannya, sehingga dapat diketahui gambar kerja timnya dilapangan.

“Pemetaan ini untuk acuan kerja Panwaslu, sehingga sampai hari ini yang terekam kegiatan Sosialisasi berbau kampanye baru Bacagub Arinal, kalau yang lainnya belum ada kegiatan yang seperti ini, yang jelas ini menjadi catatan kami sebagai Panwaslu,” tukasnya. (her)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT