Tingkatkan Literasi dan Inklusi OJK Bersama IJK Sapa Suku Anak Dalam

Tingkatkan Literasi dan Inklusi OJK Bersama IJK Sapa Suku Anak Dalam di Jambi. Selasa (25/10). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) datangi Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Dusun Sekaladi, Desa Pelempang, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi pada Sabtu, 22 Oktober 2022 lalu.

Turut hadir pada kegiatan ” OJK dan IJK Menyapa Suku Anak Dalam” tersebut, Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Plh. Asisten 2 Johansyah, Bupati Muaro Jambi yang diwakili oleh Asisten 2 Ahmad Ridwan, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik dan Ketua Perkumpulan SAD Provinsi Jambi Asman Hatta.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata, menjelaskan,program Sobat Sikapi merupakan infrastruktur Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Pelaksanaan kegiatan edukasi keuangan ini, dilakukan melalui program training of trainers (ToT) bagi mahasiswa.

“Pada program Sobat Sikapi ini akan melibatkan 20 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas SEAD (Sobat Eksplorasi Anak Dalam). Komunitas SEAD inilah yang sampai dengan saat ini melakukan interaksi sosial dengan mengajarkan anak-anak warga SAD membaca, menulis, dan menghitung,” jelasnya.

Mahasiswa Sobat Sikapi nantinya, akan melakukan pendampingan kepada warga SAD dan tentunya mereka terlebih dahulu akan dibekali dengan pengetahuan dapat diterapkan langsung kepada warga SAD, antara lain pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan, teknik bercocok tanam dan beternak yang baik dan benar dengan narasumber yang ahli di bidangnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, OJK bersama dengan IJK akan menyediakan dan memberikan sebanyak 616 bibit hortikultura, 56 ayam kampung, dan peralatan bercocok tanam/beternak bagi 28 KK warga SAD RT.12 Dusun Sekaladi untuk dapat dikelola dan dipelihara dengan baik.

Selain itu, kata Yudha, OJK bersama IJK akan membuatkan sumur air bersih serta tempat wudhu dan penampungan air untuk dapat dimanfaatkan bersama seluruh warga SAD RT 12 Dusun Sekaladi, Desa Palembang, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

“Hal itu bertujuan agar warga SAD RT.12 Dusun Sekaladi memperoleh pengetahuan terkait teknik bercocok tanam dan pemeliharaan ternak yang baik dan benar, OJK akan mengadakan program Sobat Sikapi,” ucapnya.