237 Ibu Hamil di Bathin II Babeko Jadi Sasaran Vaksinasi

Dibaca: 262 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Program vaksinasi Covid-19 terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo. Saat ini, pemberian vaksinasi juga menyasar bagi Ibu hamil (Bumil).

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, melalui Puskesmas Kecamatan Bathin II Babeko. Dengan gencar mensosialisasi hingga pemberian vaksinasi terhadap ibu hamil di wilayah kerjanya.

Marwan Kepala Puskesmas Bathin II Babeko, mengatakan sebagai upaya untuk meminimalisir dan pencegahan penyebaran Covid-19 terutama pada ibu hamil. Pihak nya telah melakukan pemberian vaksinasi terhadap puluhan ibu hamil.

“Pada saat ini, vaksinasi terhadap ibu hamil dalam wilayah kecamatan Bathin II Babeko ini sudah mencapai lebih kurang 25 orang untuk Dosis pertama dan Dosis kedua sebanyak 1 orang yang telah di vaksin,” kata Marwan, Kepala Puskesmas Kecamatan Bathin II Babeko.

Kata Marwan dari data saat ini, jumlah sasaran dalam kecamatan Bathin II Babeko mencapai 237 orang, namun setelah dilakukan verifikasi, hanya 121 orang bumil yang bisa di vaksinasi. Di samping itu, terus berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama untuk ibu hamil.

Dari sosialisasi yang dilakukan, pihak nya menerapkan sistem jemput bola, dengan di bantu Pemerintah dusun dan bidan desa setempat, untuk mensukseskan dari pada vaksinasi tersebut.

“Untuk sosialisasi sudah kita lakukan kepada seluruh bidan desa, insya allah dalam waktu dekat, kita juga akan melakukan pelaksanaan di beberapa dusun terkait vaksinasi bumil ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, terkait pemberian vaksin bagi ibu hamil ini, tidak bisa sembarang dilakukan. Tentu nya harus melalui skrining kesehatan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

“Banyak faktor yang harus di perhatikan, diantaranya, seperti kondisi kesehatan ibu dan janin, usia kandungan yang masih terlalu muda hingga masalah kesehatan lainnya. Untuk usia kehamilan, di trimester kedua, atau di atas 13 minggu,” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT