Gelar Festival Arakan Sahur Ramadhan Bupati Tanjab Barat Dampingi Gubernur Jambi

Gelar Festival Arakan Sahur Ramadhan Bupati Tanjab Barat Dampingi Gubernur Jambi. Foto : sidakpost.id/Satria. Biro Tanjab

SIDAKPOST.ID, TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, mendampingi Gubernur Jambi, H. Al Haris, pada pembukaan dan pelepasan peserta Festival Arakan Sahur Ramadan Tahun 1444 H/2023 M di depan Rumah Jabatan Bupati, Sabtu Malam (25/03/2023).

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tanjab Barat, Bupati Tanjab Timur, Ketua DPRD Tanjab Barat, Unsur Forkopimda, Sekda Tanjab Barat, Kepala Dispora Jambi dan Kepala Disparpora Kab/Kota se Provinsi Jambi, Asisten dan Staf Ahli Kepala OPD di Lingkup Pemkab Tanjab Barat, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Kabag dilingkup Setda Tanjab Barat dan undangan lainnya.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, dalam sambutannya menyampaikan di bulan Suci Ramadan tahun ini Pemkab Tanjab Barat kembali mengadakan Festival Arakan Sahur Ramadan.

“Festival Arakan Sahur merupakan agenda rutin Pemkab Tanjab Barat yang merupakan wujud upaya untuk mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya generasi muda untuk menjaga dan melestarikan serta menumbuh kembangkan syiar Islam atau tradisi Islami di tengah masyarakat Tanjab Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan melalui ajang kreativitas yang bernuansa Islami ini diharapkan para generasi muda dapat berkompetisi secara sehat, dalam mengaktualisasikan bakat dan wawasannya yang memadukan nilai seni budaya dengan unsur islami serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Dan kepada panitia penyelenggara Festival Arakan Sahur dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini saya ucapkan terimakasih serta apresiasi serta penghargaan yang tinggi dan kepada semua peserta saya ucapkan selamat berlomba,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S. Sos, MH dalam sambutannya menyampaikan Festival Arakan Sahur sudah dari dulu hadir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan ini merupakan sebuah warisan dari leluhur.

“Hari ini kita kembali membudidayakannya dan melestarikannya ditengah berbagai macam budaya yang berkembang di Provinsi Jambi dan ini pertanda bahwa tak kan lekang melayu di bumi dan tak kan mati melayu di bumi, oleh karena itu kami hadir di Tanjab Barat ini untuk ikut menyaksikan bagaimana semangat masyarakat Tanjab Barat dan Remaja Masjid untuk menyiapkan agenda ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan sangat berharap Festival Arakan Sahur ini tidak hanya seremonial saja tetapi ini bisa menjadi momentum bagi semua masyarakat dan anak anak muda untuk mencintai Bulan Ramadan.

“Mudah-mudahan ini terus memberikan semangat untuk semua masyarakat Tanjab Barat begitu juga dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda dan seluruh perangkat daerah untuk terus bersama-sama bersatu membangun Tanjab Barat tang kita cintai ini,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Disparpora Tanjab Barat, Hermansyah, dalam laporannya mengatakan pada pelaksanaan Festival Arakan Sahur 1444 H/ 2023 M ini diikuti oleh 13 Grup yang terdiri dari utusan Remaja Masjid, Sanggar dan Kelompok Masyarakat.

“Jumlah peserta pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 10 grup” terangnya. (str)