Bantu Petani, Babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan Mencangkul Sawah

Dibaca: 393 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babibsa Dusun Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Koramil 416-01/Rantau Pandan, Serda Bakri membantu poktan Sungai Dingin mencangkul sawah dengan luas 5 hektar, yang diketuai oleh pak Zalkasih, Senin (25/3/2019).

“Hari ini, kami sengaja membantu kelompok tani Sungai Dingin membuat pematang sawah sekaligus mencangkul lahan sawah yang akan ditanami kembali padi. Karena sudah panen ditanami kembali,” ujar Serda Bakri.

Dikatakannya, untuk lahan sawah milik poktan Sungai Dingin, memang sudah dipanen beberapa bulan yang lalu. Setelah dipanen jeda beberapa waktu lahan sawah tersebut di tanam kembali.

“Kalau pengolahan sawah secara keseluruhn ada alat traktor yang digunakan untuk bajak sawah, akan tetapi bagian pematang sawah tidak bisa dengan alat traktor, karena harus menggunakan alat tradisional yakni cangkul,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Poktan Sungai Dingin, bapak Zalkasih dirinya sangat menagapresiasi kepedulian dari babinsa kepada petani. Dengan seperti ini maka, semua petani akan lebih semangat menanam padi di area sawah yang sudah di panen.

“Atas nama petani, kami sangat senang serta terbantu bapak TNI dengan sukarela membantu kami dalam mengolah lahan yang akan ditanam padi. Babinsa selalu berperan aktif dalam semua aktifitas yang dilaksanakan oleh kelompok tani, “ujarnya. (red)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT