Telan Dana Rp 390 Juta, Bronjong di Teluk Rendah Ulu Terancam Ambrol

Kondisi Bronjong di Teluk Rendah Ulu Tebo Ilir, nyaris ambrol akibat tergerus curahan air hujan deras. Foto : sidakpost.id/Lalu. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bronjong yang baru saja dibangun menggunakan dana APBD Tebo tahun 2022 menghabiskan dana Rp 390 juta, tak pelak lagi kini nyaris ambrol alias runtuh yang berlokasi di Desa Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo.

Pantauan langsung di lokasi bahwa tanah landasan di sekitar Bronjong tersebut sepanjang 30 meter terlihat turun dan berongga serta menganga, dengan kondisi seperti ini diperparah lagi musim penghujan tak lama lagi Bronjong ini akan ambrol.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Tebo Hendry Nora dikonfirmasi, pihaknya mengaku nahwa sudah menerima laporan terkait kondisi Bronjong ini.

“Memang benar terjadi penurunan landasan di Bronjong tersebut, kita sudah dapat laporan langsung dari masyarakat setempat,” terang Kadis PUPR Tebo.

Dikatakan Hendry Nora,menyikapi hal ini dirinya sudah menginstruksikan Kabid Bina Marga untuk menyampaikan dan meneruskan ke rekanan, yang terkait mengerjakan proyek Bronjong tersebut.

Proyek tersebut masih dalam masa pemeliharaan rekanan, dan melalui kabid BM kita sudah instruksikan untuk segera diperbaiki sebelum Bronjong tersebut terburu ambrol.

“Saat ini atau saat laporan diterima pihak PUPR Tebo sudah mengecek dan didapati secara konstruksi masih aman, tetapi apabila tidak cepat diperbaiki dikhawatirkan Bronjong ini benar- benar akan ambrol, ” tutup Hendri. (adl)