Terkait Kasus Ginjal Akut, Gubernur Jambi : Bupati dan Walikota Cek Apotek dan Toko Obat

Gubernur Jambi Al Haris Saat Diwawancarai terkait Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak. Selain (24/10). Foto : sidakpost.id/Ratna Sari. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI –  Kasus ginjal misterius pada anak belakangan ini marak ramai di perbincangkan, Gubernur Jambi menghimbau Bupati dan Wali Kota untuk memantau apotek dan tokoh obat di daerah masing masing.

Kementerian Kesehatan RI, meminta kepada semua orang tua untuk tidak panik, namun selalu waspada. Terutama anak mengalami gejala yang mengarah kepada gagal ginjal akut.

Baca Juga :  Gagal Ginjal Akut pada Anak, Orangtua Harus Waspadai Gejalanya

Seperti ada diare, mual ,muntah, demam selama 3 sampai 5 hari, batuk, pilek, sering mengantuk serta jumlah air kecil semakin sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali.

Dua hari lalu, Gubernur Jambi Al Haris meminta Dinkes Provinsi Jambi untuk membuat instruksi bahwa apotek-apotek, yang menyediakan obat agar dicek ulang jenis obat yang mereka jual dan Pastikan obat yang mereka jual tidak ada yang merusak sistem tubuh anak.

Baca Juga :  Lagi, Kinerja BPJS Kesehatan 2020 Diganjar WTM Kondisi Keuangan DJS Membaik

” Hari ini saya meminta Dinkes untuk membuat instruksi Gubernur, agar memang apotek yang menyediakan obat agar dilakukan verifikasi ulang jenis obat yang mereka jual dibantu oleh BPOM,” ucapnya.