Aipda Dadan Ingatkan Waga, Waspada Tindak Kejahatan di Medsos

Dibaca: 668 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Perlu bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), karena medsos banyak dijadikan untuk tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan korbannya biasa orang awam yang sangat minim pengalaman dan pengetahuannya. Adapun termasuk medsos seperti Youtube, Whatsapp, Faceboook, Instagram, Line, Twitter dan lainnya.

Banyak modus penipuan melalui medsos diantaranya seperti pelaku mengiming-iming mendapat hadiah dari suatu produk, pinjaman online dengan proses mudah dan cepat, jual beli online dan lainnya. Parahnya lagi kaum remaja atau cewek banyak tergiur dan kenalan melalui medsos, akhirnya korban dibawa lari dan diperkosa pelaku.

Hal tersebut disampaikan oleh Aipda Dadan Juanda Polsek Rimbo Ilir pada saat menyambangi tokoh masyarakat diwilayah binaannya, bertempat di Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Kamis (24/09).

Aipda Dadan juga mengatakan, bahwa
diingatkan kepada warga atau para orangtua selalu mengawasi anaknya dalam menggunakan HP, pasalnya
teknologi internet sangat canggih saat sekarang ini.

Dimana sumber berita dan informasi begitu mudah di akses melalui media sosial, apabila salah mengakses sangat membahayakan bagi anak-anak menggunakan ponsel, untuk itu diperlukan pengawasan ketat dari para orangtua.

“Sudah sering terjadi kasus, kenalan dimedia sosial yang akhirnya korban diperas uangnya, bahkan ada yang menjadi korban pemerkosaan,”tandas Aipda Dadan.

Kepala Dusun Ristianto sangat berterimakasih atas pencerahan dari Bhabinkamtibmas, sehingga warga masyarakat terutama para orangtua akan lebih mengawasi anaknya dalam penggunaan HP di media sosial.

” Tentunya sangat senang pak Bhabin sudah mengingatkan kepada kami para orangtua, demi untuk kebaikan dan masa depan anaknya,” ucap Kadus. (asa)

ADVERTISEMENT