Sungai Batang Bungo Kembali Dicemari Oleh Limbah PETI

Dibaca: 671 kali
Inilah Kondisi Air Sungai Akibat Aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI).

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tak kujung jera pasca dirazia oleh warga Dusun Rantau Duku Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo Jambi, beberapa waktu lalu, aktivitas PETI di sungai batang tegan Dusun Rantau Pandan Kembali beroperasi.

Informasi yang diperoleh dari warga sekitar, bahwa setelah dirazia beberapa waktu lalu, Penambang Emas Tanpa Izin, kembali menambang. Pasalnya air sungai batang tegan dan sungai batang apung kembali keruh mengalir ke sungai batang bungo.

“Kalau memang aparat tidak bisa memberantas aktivitas PETI ini, maka kami yang akan bertindak lebih keras lagi,”ujar S saat ditemui dilokasi, Minggu (24/9/2017).

Bahkan kata dia, penambang emas ini sepertinya sangat nekad karena air pembuangan galian dompeng sengaja dibuang ke sungai batang bungo.

“Akibat air limbah peti sengaja dibuang kesungai batang bungo, membuat aliran sungai kami menjadi keruh. Kasian pak sebagain warga kami mengambil air sumber kehidupan dari sungai ini setiap hari,” ujarnya lagi.

Hal senada juga disampaikan,YN warga Dusun Ratau Duku. Menurutnya pelaku peti ini sudah tergolong nekat, mereka berkerja tidak memikirkan dampaknya, hanya mencari keutungan sendiri tanpa memikirkan orang banyak.

“Padahal sudah dirazia kok kerja lagi, ada apa sebenarnya yang terjadi hingga mereka terlalu berani, apa karena ada yang bekingi kok mereka merajalela,” tutupnya. (zek)

 

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT