Mashuri Lantik Tiga Rio di Jujuhan Ilir, Satu Diantaranya Perempuan 

Prosesi Pelantikan Toga Rio Di Kecamatan Jujuha. Ilir. Foto : sidakpost/Julainsyah

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H Mashuri kembali melantik Tiga Rio terpilih di Kecamatan Jujuhan Ilir. Pelantikan itu bertempat di halaman Kantor Camat, Rabu (24/08/2022).

Menariknya, dari ketiga rio tersebut, satu diantaranya seorang wanita, atau di sebut Datin. Adapun Tiga Rio itu yakni, Yuliana, S.Gz sebagai Rio Dusun Tepian Danto, Badri Gunawan sebagai Rio Dusun Lubuk Tenam dan M. Prayitno sebagai Rio Sari Mulya.

Baca Juga :  Bupati dan Wabup Bungo Hadiri Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan

Acara dilanjutkan dengan Pelantikan 3 ketua TP PKK Dusun, oleh ketua TP PKK Kecamatan Jujuhan Ilir. Selanjutnya, ketiga Rio dilakukan pengukuhan gelar adat, oleh Ketua LAM Kecamatan Jujuhan Ilir.

Baca JugaJumiwan Aguza Ucapkan Selamat atas Pelantikan Dua Datuk Rio di Pelepat

Adapun 3 Rio yang di beri gelar adat oleh ketua lembaga adat Kecamatan Jujuhan

1. Yuliana,S.Gz Tepian Danto di beri gelar adat “Rio Ali”.

2. Datuk Rio Badri Gunawan Dusun Lubuk Tenam di beri gelar adat “Panglimo Mudo Setio Negeri”.

3. Datuk Rio M.Prayitno Dusun Sari Mulya di beri gelar adat sebagai ” Mangku Prajo”.

Bupati Bungo H. Mashuri, mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo, mengucapkan selamat atas dilantiknya tiga Rio di Kecamatan Jujuhan ilir periode 2022-2028.

“Kami yakin dan percaya bahwasanya, tiga Datuk Rio/Datin Rio bisa memimpin di Dusun nya masing-masing untuk kedepannya bersama masyarakat dengan lebih baik,” ujar Bupati.

Dikatakan, selain dilantik sebagai kepala Pemerintahan di dusun, Datuk Rio/Datin juga sebagai pemangku adat. Mashuri berharap, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan, dan menjujung tinggi nilai-nilai adat Dusun setempat khususnya, dan Kabupaten Bungo pada umumnya.

“Semoga dengan menyandang gelar adat ini, Datuk Rio/Datin Rio bisa menjalankan hukum adat istiadat dengan sebaik-baiknya dan menerapkan di tengah kehidupan masyarakat Dusun nya masing-masing,” ungkapnya.