Kebun Karet Milik Warga Tebo Hangus Terbakar

Dibaca: 583 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dimusim kemarau perlu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seperti kejadian hari ini sekira pukul 14.00 Wib telah terjadi kebakaran lahan kebun karet milik, Joko (55) warga Jalan KH Ahmad Dahlan Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, Selasa (24/7/2018).

Diketahui awal terjadinya kebakaran lahan, berawal Ramadhan warga setempat yang merupakan pekerja sebagai pemotong kebun karet tersebut dan melihat asap mengepul putih dari kebun karet tidak jauh dari rumahnya.

Merasa curiga Ramadhan mengajak warga langsung meluncur mengecek lokasi titik api tersebut dan langsung memadamkan api yang sudah mulai membesar melalap semak belukar yang mengering akibat kemarau. Pemadaman kebakaran lahan karet dibantu oleh warga setempat.

Mendapat informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan kebun karet, Personil Polsek Rimbo Bujang bersama Unit Damkar Pos Rimbo Bujang terjun kelokasi dan langsung ikut memadamkan api bersama warga, tepat pukul 16.30 Wib api berhasil dipadamkan.

“Benar telah terjadi kebakaran lahan karet milik Joko warga Jl KH Ahmad Dahlan Kelurahan Wirotho Agung, dan api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar bersama warga, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Lahan kebun Karet yang terbakar berkisar 0.5 hektar,” ujar Kapolsek, Iptu Reska Anugras.

Dikatakannya, di musim kemarau masyarakat harus waspada terjadinya kebakaran baik pemukiman, hutan maupun lahan perkebunan. Oleh sebab itu jangan sembarangan membakar sampah disembarang tempat, maupun jangan membuang puntung rokok di tempat sampah yang kering.

“Kita himbau kepada masyarakat jangan membakar sampah dikebun maupun dekat pemukiman untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk menghindari kebakaran rumah kita harus waspada penggunaan kompor maupun arus listrik,” ujar Kapolsek. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT