Panen Padi Tiba, Petani di Teluk Pandak Mulai Tersenyum

Dibaca: 262 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dalam konidis pandemi covid-19, membuat petani makin semangat untuk turun ke sawah. Seperti poktan Harapan Jaya II, Dusun Teluk Padak, tetap semangat mengurus sawah pada musim panen.

Pantauan dilokasi poktan Harapan Jaya II yang diketuai oleh Hanapi terus turun kedawah hingga musim panen seperti sekarang. Tampak aktivitas warga dalam memanen padi penuh semangat.

“Meski dalam kondisi covid-19 kami tak berhenti untuk turun ke sawah karena sekarang sedang musim panen. Kalau kami tidak turun ke sawah mau makan apa pak, karena kami hidup hanya dari hasil padi yang kami panen,”ucap Rosma saat memanen padi, pada Minggu (24/1).

Dikatakan Rosma, padi bisa menguning seperti sekarang tak luput dari bantuan sekaligus perhatian dari dinas pertanian Kabupaten Bungo. Karena ada para PPL dan penyedian pupuk dan obat-obat jadi padi bisa subur seperti sekarang.

“Kami sudah terbiasa menanam padi karena, dari hasil panen ini bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terlebih saat pandemi kalau kita malas jadi mau makan apa nanti. Meski dibawah terik matahari kami tetap semangat memanen padi yang sudah menguning,”katanya.

Lanjut Rosma, dalam empat bulan padi sudah bisa dipanen. Berkat kerja keras dan semangat setiap hari maka bisa ada hasil seperti yang kalian lihat saat ini.

“Ya kalau untuk beras kami tidak beli lagi karena sudah ada dari hasil sawah sendiri. Begitu juga dengan sayur dan keperluan lainnya. Setidaknya dengan memanfaatkan lahan sawah membantu kebutuhan hidup,” tutupnya.

Terpisah ketua Poktan Harapan Jaya II, saat dikonfirmasi mengatakan, seluruh anggota poktan sekarang sedang senang karena padi sudah menguning saatnya dipanen. Seperti yang dilihat semua padi sudah siap panen.

“Jumlah anggota poktan Harapan Jaya 25 orang, untuk komoditi padi sawah, karet, sawit dan kerbau. Untuk merontokkan padi selain mesin dari bantuan dinas pertanian ada juga petani yang memakai mesin tradisonal alhamdulillah berjalan lancar,” pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT