40 Persen Depot Air Minum di Bungo, Sudah Diambil Sampelnya

Dibaca: 234 kali
fhoto depot (istimewa)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tercatat 273 depot air minum di Muara Bungo, baru 40 persen sudah diambil sampelnya, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Ruswanto, S.KM, Kamis (24/1/2019).

“Hasil sampel tersebut diberikan ke laboratorium kesehatan daerah. Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, air dari depot masih layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” ujar Ruswanto.

Bahkan kata Ruswanto sampel itu, harus terus diambil setiap enam bulan sekali. Karena dengan demikian air yang di jual ke masyarakat terjamin dari bakteri penyakit, sehingga aman dikonsumsi.

“Ya sebaiknya saran kami, air yang sudah dibeli dari depot air, sebaiknya dimasak ulang di rumah, supaya lebih terjamin lagi. Untuk pemeriksaan itu dilakukan oleh dinas lewat Puskesmas di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Sebut Ruswanto, dari 273 jumlah depot air minum yang ada tersebut, belum ada laporan dari Puskesmas wilayah masing-masing, apakah dari jumlah itu depot air tersebut masih aktif atau tidak datanya belum masuk lagi.

“Jadi dihimbau kepada pemilik depot air minum ini, agar melaporkan sampel air minum ke labor Kesda Bungo. Kalau sudah di cek ke labor maka, air minum yang dijual tersebut bisa diketahui apa ada bakteri atau tidak. Sehingga tak ada rasa ragu dari masyarakat yang ingin mengkonsumsi air, dibeli dari depot,” tutupnya. (jul

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT