Tekan Laju Inflasi, Forkopimda Panen Bawang Merah

Tampak Dandim 0416/Bungo Tebo Panen Bawang Merah di Dusun Tanjung Menanti bersama Unsur Forkopimda Bungo. Rabu (23/11). Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Komandan Kodim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Evid Nirwan bersama forkopimda Bungo melaksanakan panen bawang merah di Dusun Tanjung Menanti, kecamatan Bathin II Babeko, Rabu (23/11)2022).

Letkol Evid Nirwan mengungkapkan, panen bawang merah ini dilaksanakan di lahan kelompok Tani (poktan) Bina Usaha Sukses Dusun Tanjung Menanti. Dari hasil panen bawang merah luar lahan 1 hektare cukup baik hasilnya.

“Alhamdulillah hasil panen bawang merah tadi cukup lumayan dan ini bisa sebagai pemicu petani lain untuk lebih semangat menanam bawang merah dan tanaman produktif lainnya,” ujar Letkol Evid.

Ia menambahkan, ada beberapa komoditi seperti bawang merah, tomat, cabai sayur-sayuran, terong dan yang lainnya. Semua itu untuk menekan laju inflasi di wilayah Bungo. Karena dengan seperti ini yakin laju inflasi bisa turun hingga akhir tahun 2022.

Semua pihak harus siap menghadapi kemungkinan terburuk, jika terjadi gejolak inflasi. Masyarakat juga harus mengetahui bahwa Pemda Bungo sudah berupaya mengatasi masalah itu.

“Harapan kita dengan pengembangan tanaman bawang merah ini maupun sayur-sayuran di wilayah Bungo, bisa menekan laju inflasi, terutama harga tanaman pangan yang selalu berfluktuasi dengan kenaikan harga yang sangat tinggi,” harap Dandim.

Selain forkopimda kabupaten Bungo turut serta kepala dinas TPHP, perwira Kodim, Datuk Rio Tanjung Menanti, Koordinator PPL kecamatan Bathin II Babeko sekaligus poktan Bina Usaha Sukses.

Terpisah Bupati Bungo,  H Mashuri juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk terus menanam sayuran di lahan yang kosong.” Mari kita gencar turun ke sawah menanam padi, dan manfaatkan lahan kosong di seputaran rumah untuk tekan angka inflasi,” tutup Bupati. (zek)