Nova Elvica : Tebo Inseminator Terbaik di Provinsi Jambi Usaha Ternak Sapi

Dibaca: 683 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Kabupaten Tebo geografisnya termasuk dataran sedang dan sangat prosfek untuk beternak Sapi, selain dataran sedang Dinas Perkebunan, Perternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo memiliki Petugas kawin suntik (Inseminator) handal dan terbaik di Provinsi Jambi.

Hal itu dikatakan oleh, Nova Elvica mahasiswa Pasca sarjana Program Studi Magister Ilmu Peternakan Universitas Jambi, saat melakukan penelitian tesis tentang Analisis Keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) berdasarkan karakteristik inseminasi di Kabupaten Tebo.

Nova Elvica saat berada di Puskeswan RPH Kecamatan Rimbo Bujang Jalan Pahlwan Kelurahan Wirotho Agung, Kamis (23/11/2017) mengatakan, menurut hasil penelitiannya Kabupaten Tebo termasuk dataran sedang sehingga prosfek untuk beternak Sapi.

”Kabupaten Tebo memiliki Inseminator terbaik di Provinsi Jambi, terbukti realisasi Inseminasi Buatan (IB) terhadap Sapi di Wilayah Kabupaten Tebo cukup berhasil,” ujarnya.

Bahkan kata dia, Puskeswan RPH Rimbo Bujang sudah saatnya memiliki mobil unit doble kabin untuk Operasional, pasalnya medan yang ditempuh masih banyak Jalan Tanah yang licin disaat musim penghujan.

“Puskewan Rimbo Bujang sudah selayaknya memiliki mobil operasional yang siap melewati jalur yang licin,” ujarnya lagi.

Kepala UPTD Puskeswan RPH Kecamatan Rimbo Bujang Iman Saptaji, dikonfirmasi menuturkan, Realisasi IB cukup baik di Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir. Seribu ekor Sapi lebih sudah diberikan IB oleh Petugas Puskeswan.

”Pada Triwulan Agustus-Oktober 2017 sebanyak 1129 ekor Sapi yang sudah kawin suntik didominasi dengan jenis sapi Bali 600 ekor, Selebihnya jenis Sapi simental, limausin, Angus dan Sapi lokal,” ujarnya.

Untuk penyakit Sapi yang berbahaya saat ini tidak ada ditemukan, namun dimusim hujan seperti sekarang ini, Petani harus memperhatikan kebersihan kandang dan pakan.

” Mengingat sekarang sudah masuk musim hujan, maka, petani harus lebih memperhatikan kebersihan kandang dan pakan sapi itu sendiri,” tukasnya. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT