Siswa SMKN 2 Tebo Maulana, Ajak Generasi Milenial Gemar Menabung

Dibaca: 664 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO –  Lewat vidio vlog berdurasi 1:50 menit seorang siswa dari SMKN 2 Tebo menyampaikan pesan pendek ke seluruh generasi milenial di agar gemar menabung dan tidak boros.

Dalam vidio tersebut siswa SMKN 2 Tebo Maulana Nafiurroziqin mengajak para generadi muda atau generasi milenial mengatur keuangan sendiri dan tidak boros, dengan semangat menabung bisa menjadi generadi yang maju dan aman.

“Kisah seorang siswa yang digambarkan dalam vidio tersebut adalah pelajar saat pulang sekolah kehabisan uang, karena dia tak sadar kalau uang digunakan dia untuk berpoya-poya dan juga digunakan untuk hal ngak jelas,” kata Maulana yang juga pernah  juara satu karya vidio vlog pada hari Indonesia menabung tahun 2020.

Bahkan kata Maulana, setelah berfikir tak lama kemudian akgirnya para siswa sadar kalau selama ini, uang digunakan untuk ninkrong di cafe dan bermain game online. Kadang generasi milenial sering lalai kalau mereka dikasih uang oleh orangtua, dan juga kadang uang itu habis dalam waktu sehari saja.

“Mulai sekarang saya mengajak generasi milenial agar lebih bijak dan menyadari kalau uang digunakan untuk hal tidak bermanfaat bisa menyiksa diri sendiri. Jadi kalau bukan sekarang kapan lagi kita memulai untuk menabung,”ungkap Maulana.

Lajut Maulana, supaya teman-teman generasi milenial mulailah menabung dari sekarang. Karena tidak ada kata bagi generasi muda terlambat. Ada tiga Tips generasi milenial supaya gemar menabung.

1. Tentukan goal atau tujuan tabungan kita dengan memiliki goal kita akan bersemangat menabung untuk mewujudkan tujuan kita, disaat kita menabung kita tergoda untuk mengunakan uang tabungan tersebut untuk hal-hal lain, ketika kita tergoda maka kita harus mengingat lagi bahwa tujuan tabungan buat apa, agar kita tidak tergoda.

2. Saat mendapatkan uang saku dari orangtua, maka sebisa mungkin kita harus menyisihkan Rp 5000 saja dari uang jajan kita sekolah, misalnya kita di beri uang saku oleh orang tua Rp 25,000 sehari, Rp 10.000 buat uang transportasi, Rp 10.000 buat uang jajan dan Rp 5000 kita sisahkan untuk menabung supaya tidak lupa uangnya kita taruh di celengan.

3. Gunakan aplikasi menabung di era teknologi yang canggih seperti saat ini, sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu kita saat menabung. Contohnya seperti aplikasi wally, spendee, dompet sehat dan lain sejenisnya, aplikasi tersebut berfungsi untuk membantu kita melihat rincian pengeluaran, guna memastikan agar tidak boros juga finansial bisa berjalan sesuai dengan perencanaan awal.

“Dengan gemar menabung masa depan kita bisa gemilang dan uang juga terarah,”cetus Maulana. (nwr/asa)

 

ADVERTISEMENT