Dishut Jambi dan Maggala Agni, Gelar Sosialisasi Karhutla di Tebo

Dibaca: 181 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO РDinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi Wilayah Barat bekerja sama dengan Maggala Agni Kabupaten Tebo, menggelar Sosialisasi kepada masyarakat tentang Karhutla meliputi cara Pembukaan lahan tanpa dibakar di Desa Aur Cino Kecamatan Vll Koto, Senin (23/7/2018).

Hadir pada Sosialisasi ini, Dishut Jambi,
Maggala Agni Tebo, Plt Kades Aur Cino, Sekdes, Ketua adat, Ketua BPD, Perangkat Desa, Ketaua RT, Tokoh masyarakat dan yang lainnya.

Dori Sikam, Regu Brigade Karhutla Maggala Agni Tebo saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan digelarnya Sosialisasi Karhutla ini, agar masyarakat petani mengerti cara membuka lahan perkebunan dengan cara tidak dibakar karena kalau dibakar dapat berdampak buruk terhadap lingkungan.

“Kita himbau kepada masyarakat jangan buka lahan perkebunan dengan cara membakar, metode pembukaan lahan tanpa dibakar bisa mendapatkan keutungan dari lahan yang kita buka tersebut, seperti dapat menghasilakan cuka kayu yang diperam,” jelas Dori Sikam.

Lanjutnya, contoh pembukaan lahan tampa dibakar, kita harus menggunakan drum kaleng dibentuk seperti tungku pembakaran. Kayu pembukaan lahan tumpuk didalam drum yang diberi lobang asap kemudian drum ditutup rapat-rapat.

Nantinya, apabila api di dalam drum sudah membesar asap pun keluar seperti cairan berbentuk kecoklatan dan bisa menjadi cuka kayu. Cuka kayu nantinya bermanfaat untuk menyiram menjadi pupuk tanaman.

“Mari kita bersama-sama mencegah Karhutla. Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” harap Dori Sikam.

Kasi Kesra Desa Aur Cino A.Paisal sangat mendukung digelarnya Sosialisasi Karhutla ini, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat petani di Desa Aur Cino dalam membuka lahan untuk kebun tanpa menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

“Kita sangat senang digelarnya Sosialisasi Karhutla dari Pemerintah, dan kita berkomitmen untuk bersama menjaga terjadinya kebakaran hutan maupun lahan,” pungkasnya. (nwr/asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT