Tingkatkan Kesehatan Jasmani, Prajurit Kodim Bute Ikuti Samapta

Dibaca: 180 kali
Prajurit Kodim 0416/,Bungo Tebo Ikuti Samapta Periodik I Tahun 2022 di lapangan Serunai Baru, Muara Bungo. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Guna memelihara kesehatan jasmani, dan mengukur kemampuan fisik masing masing prajurit, Kodim 0416/Bute melaksanakan Samapta periodik I tahun 2022 bertempat di stadion Serunai Baru Kelurahan Rimbo Tegah, Kabupaten Bungo, Senin (23/05/2022).

Pelaksanaan kegiatan kesamaptaan tersebut, personel terlebih dahulu melaksanakan apel pengecekan di pimpin oleh Pasi Ops Kodim 0416/Bute Kapten Arh Zuriadi.

Setelah melaksanakan apel pengecekan dan kesiapan, masing masing prajurit di cek kesehatannya oleh tim kesehatan dari Poslkes 02.10.11 Bute untuk mengetahui tensi darah dan riwayat penyakit.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, melalui Pasi Ops Kapten Arh Zuriadi mengatakan, ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan fisik masing masing prajurit di bidang kesemaptaan jasmani yang meliputi samapta A dan samapta B.

“Samapta A yaitu lari selama 12 menit, full up, pus up, sit up, loungers dan shuttle run. Sedangkan samapta B yaitu renang dasar militer,” ungkap Zuriadi.

Dikatakan, mengingat tugas pokok yang tidak bisa di tinggalkan, pelaksanaan samapta periodik ini di bagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang 1 hari ini dan gelombang 2 akan dilaksanakan besok pagi.

Harapan, seluruh dapat melaksanakan, karena samapta periodik ini akan di ambil nilai supaya masing masing personil tahu kemampuan fisiknya, masing masing dan nilai ini menunjang untuk pengambilan nilai persyaratan Ujian Kenaikan Pangkat (UKP).

Serta bisa digunakan sebagai data persyaratan untuk mengikuti kursus kursus ataupun pendidikan. Namun bagi yang merasa memiliki riwayat penyakit dan merasa tidak sehat serta tensi darah yang tinggi, tidak perlu memaksakan diri.

“Masih ada samapta periodik lagi dilain kesempatan. Begitu juga yang merasa sehat, namun saat melaksanakan lari merasa pusing atau kunang kunang
segera menepi dan istirahat, nanti tim kesehatan yang akan menghampiri dan memeriksa, pada intinya laksanakan kegiatan dengan semaksimal mungkin namun tetap mengedepankan faktor keamanan,” ujarnya.

Lanjutnya, jangan pernah memaksakan diri karena merasa malu dan gengsi sama rekan rekan yang lain hingga melupakan faktor keamanan dan keselamatan.

“Yang tahu kondisi tubuh kita adalah diri kita sendiri, yang tahu kemampuan kita adalah diri kita sendiri. Ini semua demi kebaikan kita semua untuk menghindari terjadinya hal hal tidak kita inginkan,” sambungnya. (zek)

ADVERTISEMENT






ADVERTISEMENT