Babinsa Koramil 01/Rantau Pandan Monitoring Poktan Inti Jaya

Dibaca: 80 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Dusun Karak Apung, dari Koramil 01/Rantau Pandan, Kodim 0416/Bute, Sertu M Zen melaksanakan pengecekan tanaman padi milik poktan Inti Jaya, seluas 25 H, di Kecamatan Bathin III Ulu, Kamis (23/5/2019).

Pengecekan tanaman padi oleh Babinsa Koramil 416-01/Rantau Padan, dilakukan karena perubahan cuaca Extrim seperti curah hujan yang tinggi, sehingga berdampak terhadap tanaman padi yang mudah terserang hama.

Adapun beberapa cara yang mesti kita ketahui dan kita lakukan untuk dapat mengendalikan hal tersebut diatas antara lain, mengendalikan hama yaitu dengan melaksankan pengeringan air.

“Sekaligus membuat parit disekliling pematang sawah dan mengendalikan hama putih palsu (HPP) yaitu dengan melaksanaka pengeringan air secara berkala, sanitasi lahan,”kata Sertu M Zen.

Dikatakannya, dengan monitoring secara berkala maka semua tanaman padi akan terpilelihara dari semua hama padi.” Tujuan kita tak lain, supaya padi petani tetap tumbuh subur dan bisa dipanen jadi, bisa meningkatkan perekonomian warga, “kata Sertu M Zen.

Terpisah, Danramil 416-01/Rantau Pandan, Kapten Inf Adrial Nursal mengatakan, semua babinsa setiap harinya melaksanakan upsus atau pendampingan kepada seluruh petani. Ini semua untuk memastikan agar padi tetap tumbuh subur.

“Bila padi petani tumbuh subur, maka hasil panen juga bisa menggembirakan. Bila hasilnya banyak, maka ekonomi masyarakat terbantu dan program swasembada pangan bisa tercapai dengan baik,” kata Danramil. (red)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT