Waspadai Hewan Musim Hujan, Sertu Wianto Beri Edukasi Peternak Sapi

Babinsa Sertu Wianto saat menyambangi Peternak Sapi bapak Sugeng, di Desa Giri Purno Rimbo Ilir. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sebagai langkah pencegahan dini penyebaran penyakit hewan ternak khususnya sapi di musim penghujan, Babinsa Sertu Wianto Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute menyambangi ternak Sapi milik bapak Sugeng, warga jalan Aru RT 10 RW 01 Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Kamis (23/03/2023).

Pada saat menyambangi ternak Sapi bapak Sugeng, Babinsa Sertu Wianto memberikan edukasi dan pencerahan kepada bapak Sugeng dan peternak Sapi lainnya agar selalu waspada terhadap hewan Sapi miliknya, adanya terserang penyakit terlebih disaat musim penghujan seperti sekarang ini.

Sertu Wianto juga mengatakan, bahwa
pada umumnya saat musim penghujan ternak akan lebih rentan terhadap penyakit, hal ini dipicu karena daya tahan tubuh ternak menurun akibat stres cuaca karena kondisi lingkungan yang tidak nyaman dengan suhu dingin dan lingkungan kandang Sapi yang kotor kumuh.

“Mari kita bersihkan kandang sapi untuk mengantisipasi dini hewan terserang penyakit di musim hujan, apabila ternak Sapi kita ada gejala diserang penyakit segera hubungi petugas kesehatan hewan yang ada,” imbau Sertu Wianto.

Ketua RT Sumarno sangat senang dan berterima kasih kepada Babinsa yang sudah memberikan pencerahan kepada warganya peternak Sapi, untuk selalu menjaga kesehatan ternak Sapi miliknya.

“Terima kasih kepada bapak Babinsa yang selalu menyambangi warganya, yang juga aktif memonitor kamtibmas di lingkungan Desa Giri Purno ini,” ujarnya. (asa)