Makam Tua Nenek Sungai Macang Teluk Kuali, Dikenal Angker Ada Mahluk Astral

Dibaca: 3.187 kali
Sebuah Makam di Tebo Memliki Cerita

SIDAKPOST.ID, TEBO – Tempat peninggalan bersejarah terus digali dan dilestarikan untuk memperkaya khasanah sejarah masa lalu di nusantara, kali ini Penggiat dan Penggali Peninggalan Petilasan Sejarah Kabupaten Tebo M.Husni Yusuf mengangkat sejarah Makam tua sudah berusia Ratusan tahun silam (4 Abad – red).

Makam tua yang dikeramatkan warga, salah satunya ” Makam Nenek Sungai Macang” atau juga di kenal Makam Kyai H.Ahmad yang berlokasi di Simpang Logpon Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten – Jambi.

Makam kuno Nenek Sungai Macang, konon menurut Cerita Rakyat Ratusan tahun yang silam dimasa hidupnya Nenek Sungai Macang atau Kyai H.Ahmad salah satu penyebar agama islam di wilayah Tebo.

Sedangkan kesaktian yang dimiliki Nenek Sungai Macang seperti suatu ketika pernah menolong penduduk waktu itu yang ingin menyeberang Sungai Batang Hari, dengan melemparkan Sampan dan melayang sampai ketepian dan kemudian ditumpangi oleh penduduk untuk menyeberang Sungai Batang Hari.

Untuk kesaktian lainnya, Nenek Sungai Macang konon dimasa hidupnya untuk didaratan bisa menguasai raja hutan seperti Harimau dan untuk di air nenek Sungai Macang bisa menguasai Buaya.

M.Husni Yusuf , penggali dan pengamat sejarah Kabupaten Tebo dikonfirmasi sidakpost.id menuturkan, selain sebagai pengamat dan penggali sejarah dirinya putra kelahiran Desa Teluk Kuali membenarkan adanya tempat petilasan sejarah Makam Nenek Sungai Macang yang berusia Ratusan tahun di Desa Teluk Kuali Tebo ulu.

“Keunikan Makam tua Nenek Sungai Macang diantaranya dua buah Nisan dari Kayu Sungkai atau Kayu yang sudah membatu, konon menurut keterangan warga dimakam tetsebut sering ada penampakan mahkluk astral seperti Suara Harimau mengaum. ” ungkap M.Husni Yusuf, Sabtu ( 24/3/2019).

Sambung M.Husni Yusuf, yang notabene Ketua Himpunan Jurnalis Rimbo Bujang Sekitarnya (HAJAR), bahwa Makam kuno Nenek Sungai Macang ini pada momen hari dan bulan tertentu ramai dikunjungi oleh peziarah yang datang dari Kabupaten Tebo sekitarnya.

“Para peziarah banyak yang mempunyai hajat atau nazar dan terkabul lantas mengunjungi Makam Nenek Sungai Macang, sembari membacakan Yasin , doa arwah dan bersedekah kepada fakir miskin,” kata M.Husni Yusuf.

Pada akhirnya, M.Husni Yusuf memberikan masukan dan berharap kepada Stakeholder dalam hal ini Kades Teluk Kuali Zulhepni Yusuf, Kadis Disporapar Kabupaten Tebo Mardian.SE
dan pihak berkompeten lainnya untuk melestarikan dan menjadikan Cagar Budaya Tebo Makam Nenek Sungai Macang yang merupakan Makam kuno yang berusia ratusan tahun. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT