Babinsa Koramil 416-04/Pulau Temiang Monitoring Tanaman Jagung Warga

Dibaca: 144 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Koramil 416-04/ Pulau Temiang, Kopda Bambang melaksanakan pendampingan ke petani monitorning tanaman jagung warga di
Desa Teluk Kayu Putih, Kecamatan VII Koto Tebo, Sabtu (23/3/2019).

Monitoring tanaman jagung dilaksanakan oleh Babinsa Kopda Bambang, dengan ketua poktan teluk kayu Putih Ridwan seluas tanaman pajale seluas 1 hektar.

Menurut Kopda Bambang, jagung yang sudah ditanam, akan diperhatikan pertumbuhannya setiap hari. Hal itu, bertujuan agar pertumbuhan jagung terpantau dengan baik.

“Disekitar tanaman jagung kita perhatikan sisi parit disekitar tanaman jagung, agar saar pada mus hujan tanaman tidak tetendam air. Dengan adanya pengaturan masuk air maka tanaman akan tumbuh subur,” kata kopda Bambang.

Bahkan, lanjut Babinsa, sebelum tanam, di lahan tersebut dilakukan pembasahan lahan dengan tujuan menggemburkan serta untuk menyuburkan tanah dan sebelumnya dilakukan pembersihan gulma seperti alang-alang, suket teki dan rumput liar lainnya.

“Bila tamaman jagung ini diperhatikan dengan baik, maka pertumbhuhannya akan berjalan baik, dan pertumbuhannya akan subur, tentu hasil akan lebih baik,” katanya.

Sementara itu. Ridwan pemilik lahan, di Desa Teluk Kayu Putih sangat senang dengan kehadiran TNI dalam hal ini, Babinsa Kopda Bambang, selalu ikut serta dalam pendampingan kepada seluruh perluani yang ada.

“Kehadiran para Babinsa ini untuk mengajak dan memotivasi para petani agar mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar sehingga produksi pertanian meningkat. Bila hasil panen meningkat maka target swasembada pangan akan tercapai dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah,” ungkapnya. (red)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT