Wisuda Ke-23 Akhir Tahun, Lulusan Akper Setih Setio Kantongi Uji Kompetensi Predikat Terbaik Provinsi Jambi

Dibaca: 216 kali

SIDKAPOST.ID, BUNGO – Akademi Keperawatan (Akper) Setih Setio Muara Bungo, kembali meluluskan 18 wisudawan angkatan XXIII tahun 2021, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di Ballroom Amaris Hotel Muara Bungo, Rabu (22/12/2021).

Meski digelar di tengah Pandemi Covid-19, Wisuda Ahli Madya Keperawatan dalam rangka wisuda dan angkat sumpah, angkatan XXIII berlangsung khidmat dan sukses. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Bungo yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. H Indones, Kasdim 0416/Bute, mewakili Kapolres Bungo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo.

Sekretaris beserta Pengurus Yayasan Setih Setio, Ketua STIA SS Muara Bungo, Perwakilan lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah X, para orang tua serta seluruh civitas akademika Akper, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Akper, Ns. Zahlimar. Z. M.Kep mengatakan atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada wisudawan/i yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi di Akademi Keperawatan (Akper) Setih Setio.

Disampaikan Zahlimar, pada wisuda ke-23 tahun 2021 ini, Akper Setih Setio kembali mewisudakan sebanyak 18 orang wisudawan/wati yang telah resmi menyandang gelar ahli madya keperawatan dan resmi menjadi Alumni, dengan begitu Alumni Akper setih setio Muara Bungo hingga saat ini adalah 1.817 orang.

“Alhamdulillah untuk mahasiswa Akper tahun ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini tentu dikarenakan akreditasi Akper Setih setio saat ini memperoleh peringkat B dari lembaga Akreditasi mandiri kesehatan/Lamptkes,” ungkapnya.

Dijelaskan Zahlimar, tahun ini adalah pertama kali diberlakukannya kebijakan baru exit exam bagi lulusan yang akan diwisuda sebagaimana diatur dalam permendikbud No.2 Tahun 2020, tentang tata cara pelaksanaan uji kompetensi bagi mahasiswa bidang kesehatan.

Dimana kelulusan Mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh nilai IP mata kuliah selama mengikuti pendidikan tetapi juga berdasarkan hasil uji kompetensi yang ditetapkan oleh panitia uji kompetensi nasional.

” Untuk Akper Setih Setio pada bulan oktober dan november tahun 2021 ini telah mengikuti uji kompetensi bagi mahasiswa yang di wisuda pada hari ini. Alhamdulillah untuk kelulusan uji kompetensi mahasiswa Akper Setih Setio Muara Bungo mendapat peringkat pertama di Provinsi Jambi yang meluluskan mahasiswanya dengan presentase 100 persen,” terangnya.

Lebih lanjut Zahlimar menyebut, bahkan dosen dan tenaga pendidikan Akper Setih Setio Muara Bungo saat ini, memiliki SDM Dosen dengan jenjang pendidikan Linier dengan latar belakang perawat serta perminatan yang bervariasi,

“Semuanya dosen sudah memiliki jabatan fungsional dan 50 persen dosen memiliki jabatan fungsional lektor. Dan alhamdulillah tahun ini bertambah dua orang dosen yang lulus sertifikasi dosen sehingga totalnya sudah 60 persen dosen mendapatkan sertifikasi. Ini tentunya akan terus ditingkatkan hingga dosen yang bersertifikasi mencapai 100 persen,” sebutnya.

Bahkan lebih membanggakan pada tahun 2021 ini, Akper Setih Setio Muara Bungo mendapat apresiasi dan penghargaan dari L2DIKTI Wilayah X, untuk hibah penelitian terbaik 3, kategori pendidikan vokasi tingkat L2DIKTI wilayah X, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Tak hanya itu, Akper Setih setio Muara Bungo mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, salah satu nya Labor keperawatan yang sudah mengikuti standar laboratorium keperawatan berdasarkan ketentuan dari LAM-PTkes dan juga berkontribusi dalam kegiatan bidang kesehatan di Kabupaten Bungo.

“Saat ini Akper Setih Setio dalam proses penyatuan dengan STIA untuk menjadi Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo dengan menambah 2 prodi baru yaitu S1 Administrasi kesehatan dan S1 Bisnis digital, mohon doa dan restu nya, semoga niat baik ini terwujud, “imbuhnya.

Mewakili ketua, Sekretaris Yayasan Setih Setio, Sapri, S.Sos. Menyebut dalam mendukung program pemerintah, dalam penggabungan perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas lembaga yang efektif, efisien dan berdaya saing.

“Maka yayasan terus melakukan upaya maksimal penggabungan Akper dan STIA Setih Setio menjadi Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo, saat ini dalam proses penggabungan. Harapan kami dalam waktu yang tidak terlalu lama ini, proses penggabungan tersebut dapat terealisasi sesuai rencana yang diharapkan,”tukasnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT